Kota-Kota Ini Upah Minimumnya Naik, Coba Cek Ya!

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
12 November 2020 20:30
uang

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebagian provinsi tetap menaikkan upah minimum provinsi (UMP) 2021 meski pemerintah pusat menganjurkan tak ada kenaikan. Bagaimana dengan upah minimum kabupaten/kota (UMK) 2021?

UMK juga menjadi ketetapan para gubernur, tapi yang membedakannya, UMK besarannya diusulkan oleh kabupaten/kota, termasuk dewan pengupahan kota.

Anggota Dewan Pengupahan Nasional (Depenas) Mirah Sumirat mengklaim beberapa wilayah kabupaten/kota di Jawa Barat yang berpotensi menaikkan UMK 2021.


"Di Depok katanya naik sudah sepakat, tinggal penetapan dan sebagainya. Artinya kawasan industri yang masih terus bergeliat exist saya kira mau menetapkan (kenaikan). Kemudian Cianjur, Karawang juga naik," kata Mirah kepada CNBC Indonesia, Kamis (12/11).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sudah menetapkan tidak adanya kenaikan UMP tahun 2021 mendatang. Namun, menurut Mirah, Pemprov Jabar memberikan kepada masing-masing kabupaten/kota. Hal ini karena UMP 2021 masih menggunakan skema PP 78 tahun 2015 tentang pengupahan, belum memakai UU Cipta Kerja.

"Kemarin audiensi dengan Pak Ridwan Kamil, beliau sampaikan penetapan diserahkan ke masing-masing wilayah. Jadi kawan-kawan serikat pekerja disampaikan Pak gubernur untuk silakan masing-masing Kota-Kabupaten setempat (memutuskan) artinya saya kira Gubernur Jawa Barat punya info tersendiri, bahwa nggak semua Kota-Kabupaten terdampak," sebutnya.

Meski demikian, bagi wilayah yang terkena dampak parah pandemi covid-19, kalangan buruh tidak jika mempermasalahkan jika tidak ada kenaikan UMP.  Namun, bagi pelaku usaha yang masih mendapatkan profit meski tidak sebesar biasanya, maka bisa ada ruang menaikkan upah minimum.

"Kuningan, Garut, Banjar nggak naik karena nggak ada kawasan industri signifikan di sana, mereka biasa wisata hotel ambruk sah-sah saja nggak naik karena berat," sebut Mirat.

Sementara itu, wilayah lainnya di Jabar masih menjalani pembahasan yang alot soal UMK 2021 adalah Kota/Kabupaten Bogor.

"Bogor kemarin katanya sama seperti Depok, lagi proses. Sepertinya naik, sepertinya ya," sebut Mirat.

CNBC Indonesia coba mengonfirmasi kabar kenaikan UMK di Bogor kepada Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim, menurutnya masih dibicarakan.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading