Internasional

Ngeri, Rencana Besar China Kuasai Dunia Terbongkar!

News - Herdaru P, CNBC Indonesia
06 November 2020 12:47
Chinese soldiers march in formation during a rehearsal before a large parade to commemorate the 70th anniversary of the founding of Communist China in Beijing, Tuesday, Oct. 1, 2019. Chinese Communist Party leader and President Xi Jinping on Monday renewed his government's commitment to allowing Hong Kong to manage its own affairs amid continuing anti-government protests in the semi-autonomous Chinese territory. (AP Photo/Mark Schiefelbein)

Jakarta, CNBC Indonesia - China telah memaparkan sejumlah bidang prioritas dan langkah-langkah yang akan diambil untuk beralih dari perekonomian terbesar kedua di dunia hingga menjadi pemimpin inovasi dunia dalam 15 tahun ke depan.

China bertekad untuk membuat berbagai terobosan penting dalam sejumlah teknologi utama dan inti.

China berencana menjalankan pembangunan yang berorientasi pada inovasi, dan menggarap beberapa proyek strategis di bidang kecerdasan buatan, informasi kuantum, integrated circuit, kehidupan dan kesehatan, ilmu otak, pembudidayaan, sains dan teknologi aerospace, serta eksplorasi deep Earth dan deep ocean. Hal-hal ini tercantum dalam teks lengkap proposal pembangunan Komite Sentral Partai Komunis China (CPC) yang dibuka untuk publik pada Selasa lalu.

Dilansir CGTN, Jumat (6/11/2020) Dokumen tersebut adalah proposal kepemimpinan CPC dalam rangka merumuskan Rencana Lima Tahun Ke-14 (2021-2025, Five-Year Plan/FYP) untuk Pembangunan Ekonomi dan Sosial di Tingkat Nasional serta Target-Target Jangka Panjang. Dokumen ini disahkan dalam sesi pleno kelima Komite Sentral CPC Ke-19 yang ditutup pada 29 Oktober.



Dalam pidato penjelasan tentang proposal tersebut, Xi Jinping, Sekretaris Jenderal Komite Sentral CPC, menekankan, China harus mengutamakan langkah-langkah untuk mempromosikan pembangunan berkualitas pada periode YFP Ke-14.

Untuk itu, China bertekad untuk memprioritaskan peran penting inovasi dalam modernisasi, serta membangun kemandirian sains dan teknologi. Keduanya menjadi penopang strategis bagi pembangunan nasional, seperti yang tercantum dalam proposal tersebut.

China akan meningkatkan sistem inovasi nasional dan mempercepat langkahnya untuk mengubah negara menjadi kekuatan sains dan teknologi, menurut proposal ini.

"Di satu sisi, kami akan meningkatkan keahlian dalam inovasi independen, sebab sejumlah teknologi utama dan inti tidak dapat dibeli," ujar Wang Zhigang, Menteri Sains dan Teknologi.

"Lebih lagi, kami juga berharap untuk mempelajari pengalaman yang lebih mutakhir dari negera-negara lain, sekaligus membagikan sederet pencapaian sains dan teknologi Tiongkok kepada dunia, serta menyumbangkan 'Kearifan Tiongkok' guna mengatasi berbagai tantangan global," lanjut Wang.

Halaman Selanjutnya >> Inovasi Teknologi China


Inovasi Gila China di Bidang Teknologi
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading