Internasional

Update! Biden Masih Ungguli Trump, 238 VS 213 Suara Elektoral

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
04 November 2020 16:22
Democratic presidential candidate former Vice President Joe Biden gestures while speaking during the second and final presidential debate Thursday, Oct. 22, 2020, at Belmont University in Nashville, Tenn. (AP Photo/Julio Cortez)

Jakarta, CNBC Indonesia - Calon presiden Joe Biden dari Partai Demokrat masih mengungguli petahana Donald Trump dari Partai Republik. Biden mendapatkan 238 hasil penghitungan suara elektoral sementara, dengan Trump mendapatkan 213 suara.

Saat ini, masih ada tujuh negara bagian yang belum selesai melakukan penghitungan suara, termasuk negara bagian Pennsylvania dan Wisconsin yang memiliki pengaruh besar untuk Trump dan Biden menduduki kursi pemimpin di AS.




Tujuh negara bagian tersebut adalah Alaska, Georgia, Michigan, Nevada, North Carolina, Pennsylvania, dan Wisconsin.

Outlet media AS telah memproyeksikan kemenangan untuk petahana Partai Republik di 23 negara bagian termasuk Florida dan Texas, serta Indiana, Kentucky, Missouri dan Ohio. Semua negara bagian tersebut sempat memenangkannya pada pemilihan presiden tahun 2016.



Sementara Biden merebut 20 negara bagian, termasuk negara bagian asalnya Delaware dan hadiah besar California dan New York, serta ibukota AS. Mantan wakil presiden ini juga mengubah Arizona menjadi pengikut Demokrat setelah tahun 2016 sempat memenangkan Trump.

Nebraska membagi suara elektoralnya menjadi dua, yakni empat untuk Trump dan satu untuk Biden. Negara bagian Maine dimenangkan oleh Biden, dengan hanya memiliki tiga dari empat suara elektoral yang ada.

Berikut ini adalah daftar negara bagian yang dimenangkan oleh masing-masing kandidat dan jumlah suara elektoral yang sesuai, berdasarkan proyeksi media AS termasuk CNN, Fox News, MSNBC/NBC News, ABC, CBS dan The New York Times. Dalam kasus Arizona, AFP menggunakan proyeksi yang dibuat oleh Associated Press.

Donald Trump: 213

Alabama (9)
Arkansas (6)
Florida (29)
Idaho (4)
Indiana (11)
Iowa (6)
Kansas (6)
Kentucky (8)
Louisiana (8)
Mississippi (6)
Missouri (10)
Montana (3)
Nebraska (4)
Dakota Utara (3)
Ohio (18)
Oklahoma (7)
Carolina Selatan (9)
Dakota Selatan (3)
Tennessee (11)
Texas (38)
Utah (6)
Virginia Barat (5)
Wyoming (3)

Joe Biden: 238

Arizona (11)
California (55)
Colorado (9)
Connecticut (7)
Delaware (3)
District of Columbia (3)
Hawaii (4)
Illinois (20)
Maine (3)
Maryland (10)
Massachusetts (11)
Minnesota (10)
Nebraska (1)
New Hampshire (4)
New Jersey (14)
Meksiko Baru (5)
New York (29)
Oregon (7)
Rhode Island (4)
Vermont (3)
Virginia (13)
Washington (12)


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading