CNBC Indonesia Award

BRINS Raih Penghargaan The Strongest General Insurance

News - dob, CNBC Indonesia
27 October 2020 19:18
Direktur Utama BRI Insurance Fankar Umran dalam acara CNBC Indonesia Award. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - BRI Insurance (BRINS) meraih penghargaan CNBC Indonesia Award dalam kategori The Strongest General Insurance. Penghargaan ini diberikan kepada BRINS atas keberhasilannya menyiasati tekanan pandemi melalui optimalisasi sumber pemasukan dan mendorong digitalisasi.

Penghargaan tersebut diterima secara langsung oleh Direktur Utama BRI Insurance, Fankar Umran dalam event yang digelar secara live di studio CNBC Indonesia, Jakarta, Selasa (27/10/2020).

Dalam kajian Tim Riset CNBC Indonesia, sama seperti asuransi lainnya, BRINS juga menghadapi tekanan kinerja, sebagaimana terlihat dari penurunan penjualan premi bruto yang tertekan 16% menjadi Rp 839,2 miliar. Namun, perseroan bisa menyiasati situasi sulit tersebut sehingga bisa membukukan laba bersih Rp 102,2 miliar, atau naik 25% dari capaian setahun sebelumnya sebesar Rp 77 miliar.


Kinerja positif tersebut dicapai berkat efisiensi yang berasal dari digitalisasi, dan berkat optimalisasi sumber pemasukan yang ada.

Aset juga masih tumbuh sebesar 4%, menjadi Rp 3 triliun. Indikator-indikator keuangan tersebut dibukukan ketika mayoritas pelaku usaha asuransi kerugian, sebagaimana diproyeksikan AAUI yang justru mengalami pelemahan laba bersih.

Tingkat solvabilitas BRINS juga masih tumbuh, dari Rp 396,59 miliar pada kuartal II-2019 ke Rp 631,8 miliar pada kuartal II-2020. Dengan demikian, posisi Risk Based Capital (RBC) perseroan berada di level 379,6% pada Juni 2020 membaik dari setahun sebelumnya sebesar 160,2%.

Capaian tersebut terhitung jauh di atas batas minimal yang ditetapkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebesar 120%. Angka tersebut juga masih lebih baik dari rerata industri. Pada juni 2020, RBC industri adalah 319%.

Hal ini terjadi meski perseroan menghadapi efek tekanan pandemi, yang berujung pada turunnya penjualan premi secara industri. Penurunan penjualan premi juga terjadi pada anak usaha PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) ini.

Sebagai informasi, CNBC Indonesia Award yang digelar pada tahun 2020 berbeda dengan tahun sebelumnya karena mengadaptasi kebiasaan baru di tengah Pandemi Covid-19. Dalam rangkaian kedua ini CNBC Indonesia Award memberikan apresiasi kepada perusahaan asuransi yang masih menorehkan prestasi di tengah pandemi Covid-19.

Sebelumnya, dalam rangkaian pertama, CNBC Indonesia Award memberikan apresiasi kepada Kepala Daerah dan Bank Pembangunan Daerah yang berprestasi dalam menciptakan terobosan dan inovasi di tengah Pandemi Covid-19.

Seluruh penyelenggaraan CNBC Indonesia Award dilaksanakan dengan protokol kesehatan sesuai yang direkomendasikan oleh Satgas Penanganan Covid-19.

[Gambas:Video CNBC]




(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading