CNBC Indonesia Award

Gubernur Jabar Ridwan Kamil Raih CNBC Indonesia Award

News - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
24 October 2020 11:33
Ridwan Kamil, The Inspiring Leader CNBC Indonesia Award 2020(CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meraih penghargaan CNBC Indonesia Award dalam kategori The Inspiring Leader, Jumat (23/10/2020). Ridwan Kamil berhasil memimpin Jawa Barat dalam memimpin daerah dalam menghadapi pandemi sekaligus menjaga pertumbuhan ekonomi.

Penghargaan tersebut diterima secara virtual oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam event yang digelar secara live di studio CNBC Indonesia, Jakarta.

Dalam kajian Tim Riset CNBC Indonesia, Provinsi Jawa Barat menanggung beban terberat penanggulangan pandemi sebagai provinsi berpopulasi padat dan pusat industri manufaktur, yang berarti penyebaran virus kian riskan terjadi dan risiko sosial yang lebih besar.


Jawa Barat merupakan pusat manufaktur Indonesia dengan menjadi tuan rumah bagi 20% pabrik nasional. Provinsi yang dihuni oleh nyaris 50 juta orang ini menjadi magnet utama investasi, dengan nilai Rp 57,9 triliun per semester I-2020, mengalahkan DKI Jakarta (Rp 50,2 triliun).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendapat penghargaan Foto: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendapat penghargaan "The Inspiring Leader" dalam acara CNBC Indonesia Award (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Namun, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (RK) mampu menekan penyebaran pandemi di 90% wilayah Jabar, sehingga hanya menyisakan zona merah hanya di dua daerah (per 20 Oktober 2020), yakni Cirebon dan Bekasi, dari sebelumnya lima zona merah.

Aktivitas manufaktur dan perdagangan pun terjaga meski ekonomi terkontraksi 5,98% per kuartal II akibat dampak pandemi. Jabar tetap menduduki peringkat pertama ekspor nasional pada Januari-September 2020, dengan nilai US$19,11 miliar (setara 16,3% ekspor nasional).

Tidak hanya efektif mengatasi pandemi, RK juga turun menjadi relawan vaksin, menjadi teladan bagi konstituen untuk menangani pandemi, dan memiliki keterlibatan (engagement) tinggi dengan konstituen, terutama milenial, melalui media sosial dan media massa. Akun media sosial RK memiliki pengikut terbesar di antara kepala daerah, dengan komunikasi intens dan interaktif.

Strategi komunikasi digital ini penting untuk menggapai milenial, mengomunikasikan kebijakan publik, visi dan misi, kemajuan penanganan pandemi, dan secara bersamaan mendengarkan aspirasi mereka. Hal ini sejalan dengan karakter pemimpin inspiratif, yang memiliki satu kualitas penting, yakni mendengarkan (deeply listen).

Sebagai informasi, CNBC Indonesia Award yang digelar pada tahun 2020 berbeda dengan tahun sebelumnya karena mengadaptasi kebiasaan baru di tengah Pandemi Covid-19. Dalam rangkaian pertama, CNBC Indonesia Award memberikan apresiasi kepada Kepala Daerah dan Bank Pembangunan Daerah yang berprestasi dalam menciptakan terobosan dan inovasi di tengah Pandemi Covid-19.

Seluruh penyelenggaraan CNBC Indonesia Award dilaksanakan dengan protokol kesehatan sesuai yang direkomendasikan oleh Satgas Penanganan Covid-19.

[Gambas:Video CNBC]


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading