RI Resesi & Ekonomi Minus, Airlangga: 2021 Pulih Kembali!

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
21 October 2020 18:33
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (Tangkapan Layar Youtube BNPB Indonesia)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa segera bangkit. Menurutnya, kondisi Indonesia saat ini masih lebih baik dibandingkan sejumlah negara lain.

"Kita sudah melihat akan tetap minus di kuartal III tetapi kita harapkan di kuartal IV bisa -1% sampai positif 0,4%. Dan berbagai lembaga melihat 2021 melihat kita positif 4-5%," ungkap Airlangga, Rabu (21/10/2020).

Pertumbuhan ekonomi minus serta resesi, menurut Airlangga, tak hanya dialami Indonesia. Berbagai negara di dunia, termasuk Asia dan sejumlah negara tetangga juga mengalami hal serupa, seperti Malaysia yang sampai minus 7%.

"Demikian juga Singapura, diperkirakan India bahkan lebih dalam lagi dan tentu kita berharap bahwa di 2021 mulai pemulihan ekonomi terutama apabila kita bisa mendapatkan akses vaksin yang memang sudah direncanakan," imbuhnya.



Ketua Umum Partai Golkar ini menambahkan, terdapat sejumlah indikator ekonomi yang sudah menunjukkan tren positif. Dari April sampai September dan Oktober 2020 ini, dia mengklaim seluruh tren perputaran ekonomi positif.

"Di Indonesia seperti negara lain dari 24 Maret sampai 16 Oktober hampir seluruhnya berada di jalur positif. [...] Ini capital market pemulihannya relatif lebih cepat dan di beberapa negara dibanding Januari mereka sudah lebih tinggi sehingga kita berharap recovery akan terlihat," ungkapnya.

"Kita lihat dari global manufacture dan ASEAN yang masih di bawah. Kemarin Indonesia sempat naik di atas 50 tapi karena ada rem lagi kita turun lagi ke 47,2 harapannya bisa naik lagi sepetti Vietnam, Filipina, India," ucapnya.



[Gambas:Video CNBC]

(wed/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading