BI Klaim Bunga Kredit Bank Sudah Turun, benar Pak Perry?

News - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
13 October 2020 16:38
Gedung BI

Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan saat ini suku bunga kredit perbankan sudah turun dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Di mana, bunga kredit perbankan tercatat sebesar 9,88% hingga akhir September 2020.



Suku bunga kredit ini memang lebih rendah dibandingkan dengan akhir Agustus 2020 yang tercatat 9,92%.



"Suku bunga juga alami penurunan antara lain suku bunga kredit turun dari Agustus itu menjadi sekitar 9,88% (September)," ujar Perry melalui konferensi pers hasil RDG bulan Oktober, Selasa (13/10/2020).



Menurutnya, yang menyebabkan saat ini kredit belum tinggi bukan karena suku bunga yang tinggi melainkan permintaan yang belum terjadi. Ini disebabkan kondisi ekonomi yang memang sedang sulit akibat dampak pandemi Covid-19.



Lanjutnya, untuk sisi supply saat ini sudah sangat baik, di mana perbankan memiliki dana yang cukup serta likuiditas yang berlimpah. Sedangkan untuk permintaan memang belum terjadi terutama dari korporasi karena masih adanya tekanan ke perekonomian terutama dari dampak kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Jadi, rendahnya pertumbuhan kredit lebih dipengaruhi faktor demand dari dunia usaha untuk kondisi saat ini," jelasnya.



Oleh karena nya, ke depan BI akan terus memperkuat sinergi kebijakan baik dengan Pemerintah dengan kebijakan fiskalnya, hingga dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan program restrukturisasi kreditnya. "Nah bagaimana ke depan, itu kenapa sinergi pemerintah, BI dan OJK mitigasi selesaikan masalah itu," imbuhnya.





[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading