Katanya Resesi Tapi Mobil Mewah Laris, Ternyata Ini Sebabnya

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
13 October 2020 17:00
Sports Car Toyota GR Supra (Toyota)

Jakarta, CNBC Indonesia - Di masa pandemi Covid-19 ini, penjualan mobil papan atas di atas Rp 500 juta termasuk mobil mewah seharga miliaran rupiah masih diminati konsumen. Kondisi ini seolah jadi anomali di tengah kondisi pandemi dan resesi yang terjadi.

Sekretaris Jenderal Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Kukuh Kumara mengungkapkan bahwa mobil dengan harga tinggi tetap terserap meski kondisi pandemi. Ia bilang segmen atas memang kondisi finansialnya tidak terlalu terganggu bila dibandingkan dengan masyarakat kebanyakan.

"Daya beli memang ada, tinggal mau spending atau nggak," katanya kepada CNBC Indonesia, Selasa (13/10).


Namun, untuk menopang pasar dan industri otomotif tak hanya mengandalkan segmen paling atas, karena pasar tergemuk adalah mobil dengan harga Rp 200-300 juta. Untuk itu perlu kebijakan yang dapat memacu orang untuk membeli mobil segala segmen, di antaranya adalah relaksasi pajak. 

Belum lama ini ada produk papan atas Sports Car Toyota GR Supra membuat fenomenal. Mobil Toyota GR Supra ini dibanderol Rp 2,158 miliar atau sekitar 10 kali harga Toyota Avanza, ternyata laris manis padahal baru dimasukan ke pasar Indonesia. Toyota GR Supra yang baru dirilis oleh Toyota Astra Motor (TAM) langsung ludes terjual.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy menjelaskan bahwa langkah TAM membawa New GR Supra ke Indonesia, sebagai bukti komitmen kami menghadirkan kendaraan terbaik untuk konsumen di semua segmen.

"New GR Supra adalah persembahan terbaik dari Toyota untuk penggemar sports car di mana pun berada, termasuk di Indonesia. Dari 12 unit yang dialokasikan untuk Indonesia, semuanya sudah habis terjual," kata  Jimmi.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading