Waspada Bencana, Luhut: Mungkin Saja Ada Tsunami & Gempa Bumi

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
13 October 2020 14:17
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Dok. Kemenko Marves)

Jakarta, CNBC Indonesia - Masyarakat diharapkan meningkatkan kewaspadannya terhadap adanya bencana alam yang terjadi sepanjang peirode Oktober hingga Desember tahun ini.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pada bulan ini diramalkan akan terjadi intensitas hujan yang cukup tinggi yang bisa mengakibatkan longsor.

"Mungkin saja ada tsunami, mungkin saja ada gempa bumi," kata Luhut dalam konferensi pers usai rapat terbatas, Selasa (13/10/2020).


Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan, kemungkinan besar akan terjadi musim hujan dengan persentase 73% pada periode Oktober hingga November.

"Misalnya bapak ibu tinggal di Kecamatan Johar, DKI Jakarta, kami juga siapkan prakiraan, prediksi, dan peringatan dini untuk skala mikro di level kecamatan," katanya.

Dwikorita mengatakan, puncak musim hujan akan terjadi pada Januari - Februari. Hal tersebut, sambung dia, pun belum termasuk dengan ancaman La Nina yang mencapai puncak pada Desember.

"Sehingga kita perlu mewaspadai puncak La Nina dan musim hujan dalam kisaran Desember, Januari, Februari," katanya.

 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Lampung Diguncang Gempa M 5.5


(dob/dob)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading