Gegara Brexit, Orang Tajir Inggris 'Pindah' Kewarganegaraan

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
26 September 2020 21:40
British MEP Richard Corbett holds a banner after a vote on the UK's withdrawal from the EU, the final legislative step in the Brexit proceedings, during the plenary session at the European Parliament in Brussels, Wednesday, Jan. 29, 2020. The U.K. is due to leave the EU on Friday, Jan. 31, 2020, the first nation in the bloc to do so. (AP Photo/Francisco Seco, Pool)

Jakarta, CNBC Indonesia - Jumlah pengusaha Inggris yang ingin 'membeli' kewarganegaraan dari negara-negara yang menawarkan akses bebas visa ke Uni Eropa telah meningkat tajam.

Peningkatan tajam pembelian warga negara di Inggris itu meningkat tajam, karena prospek kesepakatan perdagangan pasca keluarnya Inggris dari Uni Eropa atau dikenal dengan istilah Brexit, semakin tidak direspon dengan baik oleh pengusaha di Inggris.

Perusahaan imigrasi investasi Astons mengatakan, telah terjadi peningkatan 50% dan 30% secara tahunan (year on year) dari para kliennya yang mencari kewarganegaraan Siprus (Cypriot) atau Yunani (Greek) di kuartal II-2020 ini.


"Kurang dari empat bulan, pemegang paspor Inggris kemungkinan besar akan berpindah menjadi warga negara Uni Eropa," kata perusahaan imigrasi investasi Astons melansir Reuters, Sabtu (26/9/2020).

Henly & Partners juga melaporkan terjadinya peningkatan saran di aplikasi migrasi investasi ke Malta, Portugal, Austria, dan beberapa pulau di Karibia, yang menawarkan berbagai hak tinggal, perjalanan bebas visa ke UE dan hak kewarganegaraan bagi investor yang berbisnis di sektor properti.
Seperti diketahui kewarganegaraan Yunani dapat diperoleh dengan keturunan atau naturalisasi. Hukum Yunani mengizinkan kewarganegaraan ganda. Warga negara Yunani adalah warga negara Uni Eropa, dan karenanya berhak atas hak yang sama seperti warga negara Uni Eropa lainnya.

Warga negara berdaulat Karibia, termasuk St. Lucia dan St. Kitts & Nevis juga menikmati akses yang ditawarkan oleh UE, berkat hubungan dekat dengan anggota UE sebagai hasil dari perjanjian perdagangan bersejarah, diplomatik, dan modern.

"Ini bukan tentang turis. Ini adalah komunitas bernilai tinggi Inggris yang memiliki kebutuhan konstan untuk bepergian dan menghabiskan waktu yang signifikan di UE," kata direktur Henley & Partners, Paddy Blewer.

"Ini adalah migrasi investasi sebagai lindung nilai volatilitas dan komponen dalam strategi pertahanan nilai portofolio kekayaan bersih yang tinggi," ujar Blewer, menambahkan bahwa volume keterlibatan klien sekarang lebih tinggi setelah adanya pemungutan suara Brexit di tahun 2016.

Minat terhadap kewarganegaraan meningkat bahkan ketika Komisi Eropa memeriksa kemungkinan langkah-langkah untuk mengekang negara-negara Uni Eropa yang menjual paspor dan visa kepada orang asing yang kaya, karena kekhawatiran itu dapat membantu kelompok kejahatan terorganisir.

Tempat tinggal Siprus dapat diamankan dalam dua bulan dengan pembelian properti 300.000 euro ($ 351.870). Mengamankan kewarganegaraan membutuhkan waktu enam bulan dan membutuhkan investasi properti minimal 2 juta euro.

Pada bulan Desember, Reuters melaporkan bahwa dokumen pemerintah Siprus menunjukkan beberapa donor kepada donor Partai Konservatif yang berkuasa di Inggris telah meminta kewarganegaraan pulau itu sejak referendum Brexit 2016.

"Baik investasi Siprus dan Karibia terbukti sangat populer ... terutama didorong oleh individu berpenghasilan tinggi dari Inggris yang mengawasi masa depan dan kehidupan setelah Brexit," kata juru bicara Astons Konstantin Kaminskiy.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading