PDB RI Bakal Minus, tapi Pemerintah Bilang Jangan Sedih Gaes!

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
24 September 2020 08:20
Sekretaris KPCPEN Raden Pardede (CNBC Indonesia/Muhammad Iqbal)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah melalui Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN), menghimbau masyarakat untuk tidak sedih terlalu lama di tengah ekonomi yang tengah terpuruk, karena pandemi covid-19.

Sekretaris Komite PC-PEN Raden Pardede mengungkapkan pertumbuhan ekonomi hanya bisa diketahui oleh Badan Pusat Statistik (BPS) saja. Oleh karena itu, saat ditanya mengenai proyeksi pertumbuhan ekonomi kuartal III-2020, dia enggan menjawab.

Raden pun mengatakan, jika ada ekonom yang bisa memproyeksikan pertumbuhan ekonomi, itu hanya dinilai sebagai humor belaka.


"Semua orang bisa proyeksi [pertumbuhan ekonomi], dan semua ekonom-ekonom selalu membuat sense of joke atau humor saat mereka memproyeksi. Kita gak bisa buktikan atau pastikan apakah kuartal III-2020 antara minus sekian atau sekian. Kita gak tau," ujar Raden melalui video conference, Rabu (23/9/2020).

Kendati demikian, Raden merespon mengenai proyeksi pertumbuhan ekonomi dari Menteri Keuangan Sri Mulyani. Di mana Sri Mulyani memproyeksikan pertumbuhan ekonomi pada kuartal III-2020 akan tumbuh -2,9% sampai -1%.

Proyeksi pertumbuhan ekonomi oleh Sri Mulyani itu, kata Raden mengkonfirmasi kalau pertumbuhan ekonomi sebenarnya sudah menujukkan adanya perbaikan. Seperti diketahui pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2020 megalami -5,32%.

"Kami melihat, proyeksi-proyeksi dari semua pihak, termasuk dari Ibu Menkeu ini, jelas lebih baik dari kuartal II dan itu menjadi catatan penting. Kuartal II itu udah hit the bottom atau sudah benar-benar ada di dasar," jelas Raden.

Tinggal sekarang kata Raden, tugas pemerintah dan semua masyarakat di Indonesia untuk mempercepat pemulihan ekonomi Indonesia saat ini. Raden pun meminta masyarakat untuk tidak bersedih berlama-lama.

"Bahwa kita mengalami negatif growth iya, semua negara mengalami itu, apakah kita sedih? iya sedih. Apakah kita perlu kita tangisi? iya. Tapi gak boleh berlama-lama kita tangisi. Kita harus punya optimisme.

"Ajakan dari komite PCPEN ini, kita jangan berlama-lama menangisi yang terjadi dari covid ini, malah kita harus optimis kita bekerja keras. Sehingga kuartal IV lebih baik dari kuartal III. Kita semua, ajak semua seluruh masy semua mari sama-sama untuk bisa tumbuh lebih cepat di masa yang akan datang," kata Raden menghimbau.

Ekonomi Sulit Pulih Jika Tidak Ada Vaksin Covid-19
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading