Internasional

Mengejutkan! Trump Bilang Ini Saat Kematian Covid AS 200 Ribu

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
23 September 2020 11:52
Sekitar ratusan pendukung calon presiden petahana Amerika Serikat, Donald Trump, yang mengikuti kampanye terbuka di Nevada. AP/Andrew Harnik

Jakarta, CNBC Indonesia - Amerika Serikat (AS) mencatat rekor. Kini kematian akibat virus corona di negara itu melewati angka 200 ribu.

Dari data Worldometers, AS mencatat ada 969 pasien corona yang meninggal per Selasa (22/9/2020). Ini membuat total kematian menjadi 205.471.



Namun hal mengejutkan datang dari mulut Presiden Donald Trump saat mengetahui hal itu. Ia justru menyebut angka itu memalukan.

"Yah, menurut saya itu memalukan," ujarnya pada wartawan Selasan (22/9/2020) di CNN International dikutip Rabu (23/9/2020).

"Saya pikir jika kita tidak melakukannya dengan baik dan benar, Anda (AS) akan memiliki 2,5 juta kematian."




Ia menyalahkan China karena tidak menghentikan corona menyebar ke seluruh dunia. Ini terkait awal penularan virus di Wuhan, Provinsi Hubei.

"Anda melihat pidato PBB saya, China seharusnya menghentikannya di perbatasan mereka. Mereka seharusnya tidak pernah membiarkan ini menyebar ke seluruh dunia dan itu adalah hal yang mengerikan," ujarnya lagi.

"Itu adalah hal yang mengerikan. Seharusnya tidak pernah terjadi. China membiarkan ini terjadi. Ingat itu," katanya sambil menekankan bahwa jika dlu ia tak menutup akses masuk warga China, kasus kematian mungkin saja kini mencapai 3 juta.

AS sendiri mencatat ada 7.097. 937 warga terinfeksi corona, di mana kemarin ada 35.696 kasus baru. AS menjadi negara dengan kasus terbanyak di dunia.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading