Lagi, Jokowi Ungkap Rencana Besar North Java Corridor

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
22 September 2020 10:01
Infografis: RI Bakal Punya Tol 18X Panjang Pulau Jawa

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengungkap rencana besar pemerintah untuk membangun mega kawasan industri terintegasi di wilayah pulau Jawa.

Kawasan tersebut dinamakan North Java Super Corridor atau Koridor Super Utara Jawa. Wilayah ini nantinya akan didukung dengan pusat logistik baik tol darat, tol laut, hingga tol udara secara terintegrasi.

"Kita sudah menyampaikan bahwa pantai utara Jawa yang sudah tersambung dengan tol harus menjadi super koridor ekonomi," kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas, Selasa (22/9/2020).


Jokowi memandang, saat ini fasilitas infrastruktur pendukung di wilayah tersebut sudah relatif siap. Sekarang, kata dia, perlu mengintegrasikan kawasan-kawasan yang berada di wilayah tersebut.

"Sehingga kawasan industri, kawasan pariwisata, sentra pertanian harus tersambungkan dengan jalan tol ini," katanya.

Rencana pembangunan Koridor Super Utara Jawa pertama kali digaungkan Jokowi saat menyampaikan pidato kepresidenan dalam Sidang Tahunan MPR RI dalam rangka HUT ke 75 Proklamasi Kemerdekaan.

"Kawasan itu dirancang untuk bisa mengundang investasi berkualitas yang bersinergi dengan usaha mikro, kecil, dan menengah kita yang memberikan nilai tambah signifikan untuk perekonomian nasional, serta menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar." kata Jokowi kala itu.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading