Kabar Baik, Subsidi Gaji Guru Honorer Jokowi Cair Oktober

News - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
21 September 2020 17:23
guru sekolah

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) masih mengkaji skema pemberian subsidi gaji bagi guru honorer. Diharapkan bisa selesai secepatnya sehingga penyaluran bisa dilakukan mulai bulan depan.

Sesditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, Nunuk Suryani mengatakan, saat ini pihaknya dalam tahap finalisasi skema subsidi gaji bagi guru honorer ini.

"Harapannya semua pihak sesegera mungkin. Harapannya ya bulan Oktober, tapi kan kita bicara mekanisme proses dan sebagainya itu butuh waktu," Senin (21/9/2020).

Nunuk memastikan, subsidi gaji bagi guru honorer ini sebesar Rp 600 ribu per bulan yang akan diberikan selama 4 bulan. Artinya ada sebesar Rp 2,4 juta per orang yang akan diterima para guru honorer dan juga tenaga kependidikan dari Pemerintah.

Menurutnya, koordinasi bersama semua pihak seperti Kementerian Keuangan dilakukan setiap hari agar bisa segara menemukan mekanisme penyaluran yang paling tepat.

"Kita sekarang sedang memikirkan mekanisme paling cepat dan akurat," kata dia.

Selain itu, untuk penyalurannya juga belum dipastikan akan dilakukan oleh siapa. Apakah melalui Kemendibud langsung atau melalui BP Jamsostek seperti subsidi upah bagi pekerja.

"Nanti akan dibicarakan apakah dari kemendikbud, atau apakah lembaga lain. Yang jelas dari Presiden dan Menkeu sudah sampaikan hal ini dan sudah rapat berkali-kali juga," tegasnya.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading