Pendemo Bangkok Siap Deklarasikan Partai Baru

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
20 September 2020 11:55
Pro-democracy demonstrators attend a protest at Sanam Luang with The Grand Palace lit up in the background in Bangkok, Thailand, Saturday, Sept. 19, 2020. Thousands of demonstrators turned out Saturday for a rally to support the student-led protest movement's demands for new elections and reform of the monarchy. (AP Photo/Sakchai Lalit)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ribuan pengunjuk rasa berkumpul di Sanam Luang, Bangkok, Thailand sejak Sabtu dan berlanjut pada Minggu waktu setempat, yang menurut penyelenggara ini akan menandai pembentukan 'Partai Rakyat Baru'.

Sebagian besar demonstran muda yang memulai hari dengan berkumpul di tengah hujan di Kampus Tha Prachan, Universitas Thammasat, telah menuntut konstitusi baru dan pengunduran diri pemerintah saat ini yang erat dengan militer.

Namun, beberapa pemimpin gerakan juga telah mendesak reformasi monarki, sebuah masalah yang pada akhirnya memicu reaksi keras dari elemen masyarakat yang lebih konservatif.


Mengutip Bangkok Post, Minggu (20/09/2020), unjuk rasa yang digelar sejak Sabtu itu juga menarik banyak veteran yang tergabung dalam Kaos Merah Front Bersatu untuk Demokrasi Melawan Kediktatoran.

Setelah tidak menonjolkan diri selama beberapa tahun terakhir, mereka telah memutuskan untuk memberikan dukungan mereka di belakang gerakan.

Para demonstran berkemah semalaman di Sanam Luang, sebelum berangkat ke gedung pemerintah pada Minggu pagi, yang menurut aktivis Parit Chiwarak bahwa ini akan menjadi sebuah kejutan besar.

Sebelumnya, penyelenggara telah mengindikasikan bahwa gedung pemerintah bukan lagi tujuan mereka.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading