Kupas Tuntas Kepailitan di Industri Properti di Acara Ini

News - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
15 September 2020 15:42
Ist

Jakarta, CNBC Indonesia- Di tengah tekanan pandemi Covid-19, industri properti yang menjadi pendorong 175 industri turunan dengan 30 juta tenaga kerjanya menghadapi tantangan kepailitan.

Yang terbaru PT Cowell Development Tbk (COWL), yang memiliki sejumlah proyek properti, telah diputus pailit oleh pengadilan. Putusan pailit juga dijatuhkan kepada PT Hanson International Tbk (MYRX).

Selanjutnya ada PT Prospek Duta Sukses (PDS) dengan proyek Apartemem Antasari 45, yang digugat Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) ke pengadilan.


Pihak developer yang digugat pailit atau PKPU jelas mengalami kerugian dari berbagai sisi, termasuk materiil hingga runtuhnya kepercayaan pasar. Padahal, ada potensi gugatan pailit tersebut tidak mencerminkan kondisi riil dari perusahaan, namun lebih dari ulah oknum yang tak bertanggungjawab.

Selain itu, permasalahan pailit yang mendera industri properti ini juga berdampak signifikan pada konsumen. Akibatnya konsumen harus melalui jalan berliku nan panjang untuk mendapatkan kepastian haknya. Lalu apa yang harus dilakukan oleh konsumen untuk menghindari kerugian? Kemudian Bagaimana payung hukum perlindungan konsumen dari kepailitan?

Menyikapi hal ini CNBC Indonesia menghadirkan program khusus Exclusive Interview dengan tema "Pailit Dalam Industri Properti, Siapa Untung Siapa Rugi?" di CNBC Indonesia TV dan live streaming cnbcindonesia.com, pada Jumat, 18 September 2020 pada pukul 14.00 - 15.30 WIB.

Diskusi ini menghadirkan pembicara yang berkompeten seperti Cornel B. Juniarto dari Hermawan Juniarto & Partners Lawyers serta Deloitte Legal Network dan Erwin Kallo dari Lembaga Advokasi Konsumen Properti Indonesia. Acara ini akan dipandu oleh anchor CNBC Indonesia Anneke Wijaya.

Acara ini akan mengupas tuntas mengenai aspek regulasi kepailitan, perlindungan kepada konsumen dan developer, serta prosedur dalam menentukan kepailitan. Bagi konsumen properti pun bisa mendapatkan edukasi tentang kepailitan serta payung hukum yang melindungi hak-hak konsumen.

Selain itu diskusi dalam acara ini diharapkan mampu mengembalikan kepercayaan konsumen terhadap developer properti.

Ikuti dan temukan jawaban dalam Exclusive Interview "Pailit Dalam Industri Properti, Siapa Untung Siapa Rugi?" di CNBC Indonesia TV dan Live Streaming di cnbcindonesia.com, pada Jumat, 18 September 2020 pada pukul 14.00 - 15.30 WIB.







(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading