Australia Guyur Rp 249,8 M ke ASEAN, RI Kecipratan?

News - Thea F, CNBC Indonesia
10 September 2020 19:17
Menlu RI Retno Marsudi (Kemenlu)

Jakarta, CNBC Indonesia - Australia meluncurkan paket inisiatif senilai 23 juta dolar Australia (AU$) atau setara dengan Rp 249,8 miliar (asumsi Rp 10.867/AU$). Hal ini disampaikan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Lestari Priansari Marsudi.

Menurut Retno, dana ini nantinya akan digunakan untuk mendukung ASEAN dalam menangani pandemi Covid-19 melalui 6 program kegiatan, yakni penguatan sistem kesehatan, keamanan kawasan, pekerja migran, dan kapasitas digital kawasan.

"Dari dana tersebut, sebesar AU$ 1 juta digunakan untuk mendukung ASEAN Response Fund," kata Retno dalam press briefing Kemlu, Kamis (10/9/2020) sore.

"Kemarin, saat kita bicara APT (ASEAN Plus Three), masing-masing negara juga menyampaikan komitmennya untuk berkontribusi dalam ASEAN Response Fund, masing-masing sebesar 1 juta."

Pendanaan ini juga menjadikan ASEAN terbuka untuk melakukan kerjasama dalam menciptakan perdamaian, stabilitas, dan kesejahteraan di kawasan Indo-Pasifik.

Selain membicarakan hal tersebut, Retno juga mengajak Australia untuk bersama-sama menjauhkan kawasan ini dijadikan "a stage of geopolitical contest", dan lebih menekankan kemitraan yang menciptakan kawasan damai, stabil dan sejahtera.

"Indonesia menyampaikan bahwa Asia Tenggara terus bekerja, menciptakan perdamaian dan stabilitas berdasarkan prinsip ZOPFAN dan TAC," kata Retno, menambahkan jika prinsip-prinsip tersebut dapat terus diterapkan di tengah tantangan geopolitik saat ini.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading