Jangan Lengah! Ini Cara Mudah Terhindar dari Corona di Kantor

News - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
25 August 2020 13:33
In this on Saturday, July 4, 2020, photo, some 400 drones fly over the Han River showing messages of appreciation for medical workers during the coronavirus pandemic in Seoul, South Korea.The letters read

Jakarta, CNBC Indonesia - Tempat kerja menjadi salah satu lokasi yang tercatat memiliki klaster penularan Covid-19 tinggi beberapa waktu belakangan seiring dengan kembalinya aktivitas masyarakat.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19/Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, dr. Reisa Broto Asmoro mengatakan ada sejumlah protokol di tempat kerja yang bisa dilakukan mulai dari pembagian jam kerja hingga bagaimana mengatur pembagian meja kerja.

Tak hanya itu, beberapa kejadian yang bisa memicu penularan adalah saat rapat di kantor. Rapat biasanya dilakukan di satu ruangan tertutup dan melibatkan beberapa orang.


"Salah satu di rapat, paling umum, merasa sama-sama teman kerja. Merasa persahabatan dekat, merasa tidak apa-apa ngobrol tanpa masker. Saat rapat ada konsumsi di tengah meja, diambil makanan sambil ngobrol," katanya saat video conference di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (25/8/2020).

"Saat rapat, saat orang yang presentasi dia buka masker. Biar jelas apa yang diomongkan. Justru ini yang berbahaya. Saat ngomong, masker gunanya agar droplet tidak menyebar. Apalagi di ruang tertutup," imbuhnya.

Lokasi kerja tak hanya di kantor. Saat ini cafe coworking space bisa menjadi pilihan untuk bekerja. Ini bisa saja dilakukan asalkan menerapkan protokol kesehatan.

"Coworking space yang ada sekatnya. Konsumsi makanan bersama, tidak direkomendasikan. Usahakan memang tidak membuka masker di tempat umum," imbuhnya.

Dia menegaskan, protokol kesehatan ini penting dilakukan. Apalagi di tempat tertentu, yang terdapat banyak orang.

"Jangan kumpul, jaga jarak, tetap menggunakan masker saat interaksi. Perhatikan ventilasi. di Cafe, itu juga banyak orang membuka masker, ventilasi tidak baik bisa menimbulkan klaster baru," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading