3 Tahun Pandemi, Negara & Wilayah Ini Tetap Nol Kasus Corona

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
01 May 2022 15:15
INFOGRAFIS, Mengenal Mutasi Corona B117 yang Ditemukan di Karawang

Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi Covid-19 sudah mendekati tiga tahun. Virus itu sudah menyebar ke ratusan negara dan hampir seluruh wilayah dunia.

Meski demikian, beberapa negara dan wilayah tetap melaporkan nol kasus Covid-19. Beberapa pihak percaya sulitnya akses dan terisolasinya wilayah menjadi penyebab.

Namun ada pula ahli yang menyebut, jika kasus mungkin tak terdeteksi. Beberapa negara seperti Amerika Serikat (AS) juga memberikan peringatan soal ini.

Berikut rangkumannya dikutip CNBC Indonesia dari berbagai sumber:

Turkmenistan
Percaya atau tidak, Turkmenistan masih tidak mencatat kasus Covid-19 saat ini. Ini memang menimbulkan pertanyaan mengingat lokasinya yang berada di Asia Tengah, di mana hampir semua negara tetangganya melaporkan infeksi.

Dalam situs pendataan Covid-19, bukan hanya Worldometers tapi kasus juga tak tercatat di John Hopkins University. Akhir 2021 lalu, WHO bahkan ragu dengan kenyataan ini.

Meskipun tak mengakui adanya kasus, menurut laporan The Associated Press, pembatasan sudah dilakukan negara ini. Pejabatnya telah membatasi semua perjalanan komersial, acara keagamaan massal dan mendorong jarak sosial dan pemakaian masker.

Korea Utara (Korut)
Korut mengklaim tak ada kasus Covid-19. Meski berbatasan dengan China dan Korea Selatan (Korsel), negeri Kim Jong Un, melaporkan nol kasus Covid-19.

Korut sendiri telah menerapkan aturan penguncian yang ketat di negaranya. pembatasan perjalanan dan menutup perbatasan masih berlaku hingga kini.

Pitcairn Islands (Kepulauan Pitcairn)
Kepulauan Pitcairn adalah negara di Samudra Pasifik. Bagian persemakmuran Inggris ini memiliki terdiri dari empat pulau utama, yakni Pitcairn, Henderson, Ducie dan Oeno.

Di 2011, diyakini populasinya hanya 60 orang saja. Meskipun tidak ada kasus Covid-19 yang dilaporkan, pemerintah AS telah memperingatkan risiko tinggi tertular penyakit menular di pulau-pulau itu.

Tokelau
Tokelau adalah wilayah yang bergantung ke Selandia Baru. Meskipun mengaku sebagai negara, pemerintahannya berada di Negeri Kiwi.

Tokelau terdiri dari tiga atol karang tropis di Samudra Pasifik Selatan. Ketiga atol tersebut memiliki luas daratan gabungan 4 mil persegi dan ibu kotanya berputar setiap tahun di antara ketiga atol tersebut.

Hingga kini belum ada kasus Covid-19 yang dilaporkan. Hal ini mungkin karena sulitnya akses ke wilayah itu.

Tokelau yang memiliki 1.500 penduduk tak memiliki bandara. Wilayahnya hanya dapat diakses dengan kapal.

Tuvalu
Tuvalu tak mencatat kasus Covid-19 sama sekali. Dalam pencarian Worldometers, nama negara di Oseania itu juga tak ada.

Tuvalu sendiri terletak antara Hawaii dan Australia. Anggota persemakmuran Inggris ini terdiri dari tiga pulau karang dan enam atol, dengan luas gabungan sekitar 10 mil persegi dan populasi lebih dari 10.000.

Tuvalu memang telah menutup perbatasannya seiring mewabahnya Covid-19 di dunia. Karantina menjadi wajib dalam beberapa kasus.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Awas! Kasus Aktif Covid di RI Mulai Tambah Lagi


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading