Terkonfirmasi! Ratusan Juta Vaksin Corona Sudah di Tangan RI

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
24 August 2020 13:53
Menlu Retno dan Menteri Erick

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Indonesia mengaku sudah mengamankan ratusan juta vaksin corona. Hal ini dikatakan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam konferensi pers di Istana Negara, Senin (24/8/2020).

"Bersama dengan ketua harian komite penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional, yang juga menteri BUMN, kami tadi pagi berdua melaporkan kepada Bapak Presiden mengenai hasil dari kunjungan kami, baik ke RRT (Republik Rakyat Tiongkok/China) maupun ke Uni Emirat Arab," katanya.



"Dari sisi kami melihat, hasil kunjungan tersebut sangat baik dan bahkan melebihi harapan kita semula. Nah satu hal yang ingin kami sampaikan adalah wrap-up yang terkait dengan upaya untuk men-secure pemenuhan vaksin untuk jangka pendek terutama untuk tahun 2020 dan 2021."

Ia berujar, dari kunjungan itu, di 2020 RI sudah mengamankan 20 sampai 30 juta dosis vaksin. Sementara itu, di 2021, RI sudah mengamankan 290-340 juta vaksin. Di mana untuk kuartal pertama 2021, RI akan mendapat 80 sampai 130 juta. Sedangkan di kuartal II sampai IV, bakal ada 210 juta vaksin.


Sebelumnya, dalam kunjungan ke China, Menlu sempat berujar RI tengah menjajaki vaksin Sinopharm dan CanSino Biologics. Saat ini, BUMN Bio Farma sudah bekerja sama dengan Sinovac Biotech untuk uji coba tahap 3 vaksin corona vaksin yang dberi nama CoronaVac.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading