Jokowi: Sampai 2021, RI Dapat Komitmen 290 Juta Vaksin Corona

Tech - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
24 August 2020 13:10
Presiden RI Jokowi  (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat suara perihal langkah pemerintah 'berburu' vaksin Covid-19. Dalam rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (24/8/2020), Jokowi mengaku telah mendapatkan laporan dari Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir terkait hal itu.

"Sampai 2021 kita sudah mendapatkan komitmen 290 juta. Itu sebuah jumlah yang besar sekali. Negara lain mungkn sejuta dua juta. Kita 290 juta baik produksi di sini maupun di luar," kata Jokowi.



"Jadi mengenai pengadaan vaksin saya kira tolong disampaikan lagi, sampai akhir 2020, kita akan dapat 20 juta sampai 30 juta sampai akhir tabun ini. Sampai akhir tahun 2021 290 juta," lanjutnya.

Langkah itu paralel dengan langkah pemerintah yang sedang mengembangkan Vaksin Merah-Putih yang ditargetkan pungkas tahun depan.

"Sehingga nanti kalau Vaksin Merah-Putih ketemu kita bisa produksi lebih banyak. Kalau memang apa yang kita miliki ini berlebih dari yang kita ingin gunakan, nggak apa-apa dijual ke negara lain. Karena negara lain di ASEAN saja belum ada yang siap dengan vaksin," ujar Jokowi.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading