Konflik Laut China Selatan

Sst..Ada Penampakan Kapal Selam China, Mirip Film James Bond

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
23 August 2020 20:15
Citra satelit yang pertama kali diunggah di akun Twitter Radio Free Asia/CNN

Jakarta, CNBC Indonesia - Citra satelit dari perusahaan pencitraan Amerika Serikat (AS), Planet Labs, merilis sejumlah foto yang menunjukkan kapal selam China menggunakan pangkalan bawah tanah di Pulau Hainan di Laut China Selatan (LCS).

Citra satelit yang pertama kali diunggah di akun Twitter Radio Free Asia itu menunjukkan kapal selam bertenaga nuklir Type 093 memasuki terowongan ke tempat berlabuh bawah tanah di Pangkalan Angkatan Laut Yulin.

Begitu di-posting, foto itu langsung menarik perhatian pengguna, dan beberapa di antaranya membandingkan foto kejadian dengan film populer Hollywood seperti James Bond dan 20.000 Leagues Under the Sea (film tahun 1954).


Foto itu juga langsung menarik perhatian pengamat, termasuk Drew Thompson, mantan pejabat Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS). Thompson menyebut hal itu jarang terjadi dan merupakan sebuah keberuntungan bisa mendapatkannya.

"Tidak biasa bahwa satelit komersial akan berada di atas pada waktu yang tepat pada hari tanpa awan," kata pria yang kini bekerja di Lee Kuan Yew School of Public Policy di National University of Singapore itu, dikutip CNN, Minggu (23/8/2020).

"Yang tidak biasa adalah pangkalan bawah tanah China. Begitulah cara Beijing menyembunyikan banyak perangkat keras militernya, dari kapal selam hingga sistem rudal yang berbasis jauh di pedalaman," kata Thompson lagi.

"Orang China memiliki pengalaman luar biasa dalam membangun fasilitas bawah tanah. Ini sesuai dengan budaya strategis mereka."

Meski keberadaan citra satelit kapal selam itu cukup menarik perhatian, namun Thompson mengatakan kehadiran kapal selam itu di pangkalan tidak mengirimkan sinyal khusus tentang Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China.

"Intinya adalah mereka memiliki armada kapal selam yang besar dan terus bertambah yang kualitasnya meningkat," katanya.

"Mereka mampu melindunginya dengan fasilitas bawah tanah dan menjauhkan kapal selam dari mata-mata." jelasnya.

Pangkalan Yulin, yang terletak di ujung selatan Pulau Hainan, hampir kilometer dari barat daya Hong Kong, adalah salah satu fasilitas utama China untuk melindungi aset angkatan lautnya.

Sementara itu, jika kapal selam itu benar salah satu Type 093, maka itu akan menjadi salah satu dari enam armada China yang ada, menurut Nuclear Threat Initiative.

"Type 093 hadir dalam tiga versi dan dapat dipersenjatai dengan torpedo dan rudal jelajah," kata lembaga itu.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading