Satu Lagi Profesi Bakal Digusur Teknologi, Masinis Kereta!

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
18 August 2020 11:45
masinis

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah akan mendorong pengembangan moda kereta api di perkotaan pada masa mendatang bisa beroperasi tanpa masinis. Hal ini diungkapkan Menteri Riset dan Teknologi-Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek-Kepala BRIN) Bambang PS Brojonegoro.

Menurutnya, dalam industri otomotif masa depan, pengembangan kendaraan listrik mengarah ke autonomous vehicles atau kendaraan tanpa sopir atau masinis bila di moda kereta. Hal ini tentu akan berdampak pada pekerjaan masinis kereta di masa depan.

"Saat ini kereta api, kereta api yang dipakai sebagai angkutan umum, khususnya kereta api di dalam kota, saat ini sedang berupaya untuk dikembangkan semuanya menjadi autonomous vehicles," kata Bambang Brojonegoro dalam sebuah unggahan di YouTube Kemenristek/BRIN, dikutip CNBC Indonesia, Selasa (18/8/20).


Kini, menurutnya tren tersebut sudah mulai terjadi terutama di kota-kota besar, misalnya keberadaan MRT Jakarta yang juga beroperasi tanpa perlu masinis.

"Kita sudah melihat MRT di Jakarta yang memang teknologi Jepang, itu sudah dijalankan secara autonomous, tidak ada masinisnya atau tidak ada sopirnya kereta tersebut. Yang ada hanya pengawasnya semuanya dilakukan dari command control," bebernya.

Mantan Kepala Bappenas ini bilang, penggunaan kereta tanpa masinis memiliki tantangan berbeda dengan kendaraan biasa yang juga tanpa sopir. Di kereta, menurutnya jalurnya sudah jelas, hambatan-hambatannya juga sudah bisa dideteksi dari awal.

"Tapi tetap saja kita terus kita perlu terus mengembangkan teknologi ini dan saat ini putra-putri bangsa sudah bisa mengembangkan kereta api tanpa sopir tadi atau autonomous train," bebernya.

Rencana pengoperasian kereta tanpa masinis juga akan berlaku di LRT Jabodebek. "Untuk rencana nanti yaitu LRT Jabodebek, Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, yang saat ini masih sedang menyelesaikan frame-nya, tapi teknologi keretanya sudah diuji untuk menggunakan yang sifatnya autonomous," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading