PLN Punya Mimpi Jadi Juara 1 di ASEAN, Mungkin Nggak?

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
12 August 2020 18:28
Zulkifli Zaini (Dok. PLN)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT PLN (Persero) selaku badan usaha milik negara (BUMN) sektor ketenagalistrikan memiliki visi menjadi perusahaan listrik terbaik di Asia Tenggara. Hal itu diutarakan Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini dalam diskusi virtual yang secara langsung ditayangkan di kanal Youtube RakyatMerdeka TV pada Rabu (12/08/2020).

Guna mencapai visi tersebut, menurut Zulkifli, perseroan harus melakukan transformasi.

"Kita ingin jadi perusahaan listrik nomor 1 terbaik di Asia Tenggara dan menjadi pilihan utama customer (pelanggan) untuk solusi energi," tuturnya.

Dia memaparkan dua unsur transformasi perseroan, yakni menjadi pemimpin dalam transisi energi serta gesit dan dapat diandalkan.

Bagaimana upaya untuk mencapainya? Menurutnya transformasi ini bisa dicapai bila perusahaan terus berinovasi dan berfokus pada pelayanan terbaik kepada pelanggan.



Zulkifli bilang pertumbuhan perusahaan hanya bisa tercapai bila perusahaan terus berinovasi, baik dalam pengembangan produk baru maupun proses kerja.

"Semua perusahaan harus tumbuh. Kalau tidak tumbuh, pilihan kedua adalah mati. Yang survive (selamat) adalah yang tumbuh," ungkapnya.

Selain inovatif, perusahaan juga harus memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Menurut Zulkifli, syarat utama untuk berjualan adalah memberikan pelayanan terbaik.

"Tidak mungkin jualan tapi servis buruk, jadi yang kita perbaiki nomor 1 di PLN adalah bagaimana kita memastikan customer experience (tingkat kepuasan pelanggan) meningkat dari waktu ke waktu. Kita tingkatkan keandalan listrik kita," paparnya.

Zulkifli mengakui, banyak keluhan terkait pelayanan PLN yang kurang baik. Untuk itu, dia berharap ke depan perseroan akan terus berusaha memperbaiki pelayanan dan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik ke pelanggan.

"Perubahan itu mutlak. kalau kita tidak berubah, maka pelanggan akan meninggalkan kita," pungkasnya.



[Gambas:Video CNBC]

(Wilda Asmarini/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading