Setelah 2 Menteri, Kini Menteri Keuangan Lebanon Juga Mundur

News - dob, CNBC Indonesia
10 August 2020 20:46
A protester throw stones against the Lebanese riot police, during anti-government protest following Tuesday's massive explosion which devastated Beirut, Lebanon, Sunday, Aug. 9. 2020. (AP Photo/Hussein Malla)

Jakarta, CNBC Indonesia- Menteri Keuangan Lebanon Ghazi Wazni, telah menyiapkan surat pengunduran dirinya dan membawanya ke rapat kabinet. Hal tersebut disampaikan oleh sumber yang dekat dengannya seperti dikutip dari Reuters. Namun media lokal Lebanon juga mengabarkan hal yang sama.

Penyiar lokal dari MTV dan Al Jadeed mengatakan bahwa Wazni telah mengundurkan diri. Al Jadeed kemudian mengatakan menteri telah tiba untuk rapat kabinet dengan surat pengunduran diri ini di tangan.

Ghazi merupakan seorang negosiator kunci ke IMF atas rencana penyelamatan untuk membantu Lebanon keluar dari krisis keuangan.


Sebelumnya, Menteri lingkungan Lebanon, Damianos Kattar mengundurkan diri pada Minggu, dengan mengatakan pemerintah telah gagal untuk melakukan reformasi. Di hari yang sama, Menteri Penerangan Manal Abdel Samad juga mengundurkan diri.

Kemarahan masyarakat Lebanon dimulai pada Sabtu (8/8/2020), dan menjadi protes paling besar sejak Oktober lalu, ketika ribuan orang turun ke jalan untuk menuntut diakhirinya korupsi, dan pemerintahan yang buruk di Lebanon.

Sekitar 10.000 orang berkumpul di Martyrs' Square, yang berubah menjadi zona pertempuran pada malam hari antara polisi dan pengunjuk rasa yang mendobrak penghalang di sepanjang jalan menuju parlemen. Beberapa demonstran menyerbu kementerian pemerintah dan Asosiasi Bank Lebanon.

Dalam bentrokan tersebut, Palang Merah Lebanon mengatakan seorang polisi tewas dan lebih dari 170 orang terluka.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tangisan Gubernur Beirut saat Tinjau Lokasi Ledakan


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading