Ilham Habibie Buka-Bukaan Kenapa Jokowi Coret Proyek R80

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
07 August 2020 18:30
Melihat Kecanggihan Pesawat R80

Jakarta, CNBC Indonesia - Proyek pengembangan pesawat 80 penumpang (R80) dihapus dari proyek strategis nasional (PSN) pemerintah 2020-2024 di bawah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Alasan penghapusan ini akhirnya diungkap oleh Komisaris Utama PT Regio Aviasi Industri, Ilham Habibie.

Dia mengaku sudah beraudiensi dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto terkait dengan dihapuskannya R80 dari PSN. Dari audiensi tersebut, dia mendapatkan penjelasan yang membuat R80 tak bisa tetap berstatus PSN yang jadi program Presiden Jokowi.

"Diberikan keterangan kepada kami bahwasanya terutama terkait kebijakan pemerintah, semua proyek yang masih ada di PSN harus selesai tahun 2024," kata Ilham Habibie, dalam sebuah bincang virtual, Jumat (7/8/20).


Dengan begitu, dia mengaku tidak mungkin bisa memenuhi target penyelesaian R80 di tahun 2024. Pasalnya, pengembangan pesawat terbang butuh proses yang tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat.

"Tentu itu tidak bisa kami penuhi dan oleh karena itu, ya memang kita tidak bisa qualified lagi untuk PSN," bebernya.

 Ilham Habibie bilang bahwa pemerintah tetap mendukung pengembangan R80 melalui proses atau prosedur R80. Dia menyebut, dukungan itu direalisasi lewat peran Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Ia tak mengelaborasi lebih jauh dukungan yang diberikan. Yang jelas, dukungan tersebut bukan berupa bantuan pendanaan.

"Kehadiran R80 di daftar PSN dari awal memang dengan satu catatan, bahwa pemerintah tidak menyanggupi untuk mendanai R80 dan kehadiran kita di situ lebih diartikan sebagai dukungan untuk mencari investor, bukan untuk menerima investasi. Jadi kita ini dengan atau tanpa ada dalam daftar PSN memang tidak pernah mengandalkan kepada pemerintah untuk pendanaan R80," katanya.

Proyek R80 dihapus dari PSN dan digantikan dengan pengembangan drone kombatan/tempur yang juga sedang dirintis. Pesawat R80 dirintis oleh Presiden ke-3 BJ Habibie melalui bendera swasta PT Regio Aviasi Industri (RAI) sebagai penerus pengembangan pesawat N250 yang tertunda kala krisis 1998. BJ Habibie sempat jadi chairman di PT RAI.

REVISI Melihat Kecanggihan Pesawat R80Foto: Edward Ricardo
REVISI Melihat Kecanggihan Pesawat R80

[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading