Karyawan Ancam Demo Gegara Gaji Dipotong, Alfamart Buka Suara

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
06 August 2020 19:16
Alfamart

Jakarta, CNBC Indonesia - Pihak manajemen Alfamart menanggapi rencana aksi protes dari Aliansi Serikat Pekerja Alfamart (ASPAL) alias karyawan pekan depan. Corporate Affairs Director PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Solihin menilai itu merupakan hak dari setiap warga negara dan pekerja. 

"Kalau mau aktivitas dan sebagainya, buat kita nggak pernah kita larang selama nggak langgar aturan-aturan dan ganggu aktivitas pekerjaan dan tanggung jawab yang bersangkutan," kata Solihin kepada CNBC Indonesia, Kamis (6/8).

Aksi protes rencananya digelar pada 11-13 Agustus 2020 terkait kebijakan pemotongan upah sebesar 10% gaji karena ketentuan Nota Selisih Barang (NSB). Aliansi ini terdiri dari Serikat Pekerja Nasional (SPN) dan Serikat Buruh Karya Utama Retail, Pergudangan, Pertokoan (SBKU RPP).


Penerapan pemotongan gaji berlaku jika hasil akhir perhitungan stock opname melebihi batas toleransi kehilangan sebesar 0,02%, maka Alfamart melakukan pemotongan upah karyawan sebesar 10% tiap bulan.

Para pekerja Alfamart yang terkena PHK atau mengundurkan diri juga terpaksa mengalami pemotongan upah otomatis, bila nilai selisih barang atau beban hutang masih diberlakukan oleh pihak perusahaan.

Hal ini dapat lebih lanjut menyulitkan pekerja dalam berbagai hal, seperti hambatan dalam mengurus BPJS Ketenagakerjaan karena paklaring (surat referensi kerja) tertahan, atas dasar ia belum melunasi hutang NSB tersebut," sebut ASPAL dalam keterangan resmi dikutip CNBC Indonesia, Rabu (5/8).

Solihin mengungkapkan pihaknya akan memotong gaji karyawannya jika ada kesalahan yang dibuat, dalam hal ini kehilangan barang yang tidak sesuai dengan data penjualan atau nota selisih barang (NSB)

"Saya ambil contoh, misal terima 10 dan penjualan 8, harusnya sisa 2, ternyata stok 1. siapa harus tanggung jawab? Item barang kan cukup banyak. artinya barang masuk keluar harus sama. Kan gitu logikanya. Di toko itu ada ribuan item. Jika terjadi selisih barang, bisa kurang teliti, misal datang 9 dia tanda tangan 10, kan dalam data komputer 10 kan," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading