Siapa yang Untung Bila Program Biodiesel Sukses?

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
06 August 2020 18:35
Biodiesel

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah terus mendorong agar program biodiesel 40% (B40) bisa lanjut tahun depan, bahkan sampai B100. Pasalnya melalui program mandatori biodiesel ini, produksi sawit dari dalam negeri bisa terserap dan harganya bisa dijaga, sehingga pelaku usaha sawit termasuk petani yang dapat manfaat.

Direktur Utama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Eddy Abdurrahman mengatakan soal sawit, BPDPKS memiliki tugas salah satunya untuk memberikan dukungan dana dalam rangka peremajaan sawit rakyat.

Ia menyebut sejak BPDPKS berdiri sampai saat ini sudah menyalurkan dana sebesar Rp 3,5 triliun untuk program peremajaan sawit rakyat, yang digunakan untuk membiayai 142.500 hektar kebun replanting.


"Kalau tujuan akhirnya 2,5 - 3 tahun kemudian sudah bisa growing up bagus hasilkan yang produktivitas tinggi, penghasilan petani jauh lebih banyak," jelasnya dalam acara Exclusive Interview oleh CNBC Indonesia, Jumat (31/07/2020).

Ia mengatakan program biodiesel ini harus tetap jalan, sehingga komoditas sawit tidak terus bergantung pada ekspor untuk makanan, dan oleochemical yang relatif stagnan. Sehingga program biodiesel harus tetap dipertahankan.

"Jadi rakyatnya sejahtera karena mendapatkan hasil lebih baik dengan dukungan program biodisel tadi," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) Gulat ME Manurung mengatakan sejak tahun 2015 petani belum pernah mendapatkan harga yang cocok. Namun, melalui program biodiesel naiknya harga CPO bisa dinikmati oleh petani. "Kami petani yang merasakan manfaatnya bukan mereka yang teriak di luar negeri," ucapnya.

Ia menyebut program biodiesel ini sangat strategis dalam rangka mendukung keberlanjutan sawit nasional. Menurutnya seandainya kelebihan pasokan dalam negeri tidak terserap lewat program biodiesel akan terjadi kelebihan stok, yang berdampak pada turunnya harga.

"Secara berlanjut akan berdampak pada pendapatan petani prinsipnya itu," paparnya.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading