Besok Bali Dibuka

Hotel-Hotel di Bali Ngaku Tak Kuat Operasi Lagi, Kok Bisa?

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
30 July 2020 12:17
festival ogoh ogoh ancol (Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sektor pariwisata Bali akan kembali dibuka lagi mulai besok, Jumat (31/07/2020). Namun, belum semua hotel dan restoran di Bali sudah menyanggupi untuk kembali memulai operasi.

Hal ini karena imbas dari pandemi Covid-19 telah menyebabkan menyusutnya pendapatan usaha mereka. Apalagi Pemprov Bali menerapkan sistem sertifikasi bagi pelaku usaha yang akan membuka usaha kembali.

"Duit dari mana pertanyaannya? Hotel saya tutup total, tapi saya harus keluarkan biaya terhadap kebutuhan karyawan, terutama bayar gaji. Nggak mungkin kalau nggak duit dari simpanan. Nah simpanan perusahaan mungkin cukup kemarin dua bulan, ke sini udah pakai duit owner semua. Apakah semua owner punya duit simpanan? Belum tentu?" kata Wakil Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Rainier H Daulay kepada CNBC Indonesia, Kamis (30/7).


Ia memang menyebut sudah ada imbauan dari Pemerintah Provinsi Bali agar pelaku di sektor ini untuk kembali beroperasi. Tujuannya untuk menggairahkan sektor pariwisata secara keseluruhan. Namun, Pemprov memang tidak bisa memaksa jika tidak memberi bantuan dana yang konkret.

Rainier mengaku setiap hotel di Bali sedang berusaha untuk membuka kembali operasional hotelnya. Sayangnya, persoalan finansial menjadi masalah yang tidak bisa dikesampingkan, apalagi uang kas juga kian terkikis bagi banyak pelaku usaha hotel di Bali.

"Saya masih mikir buka lagi. Jujur aja, apa kalau saya buka lebih untung kalau saya tutup dulu. Jangan-jangan tambah babak belur pakai duit pribadi buat bayar karyawan, sementara buka tapi nggak ada tamu. Hotel beroperasi butuh biaya," jelas Founder & CEO Rhadana Hotels & Resorts ini.

Saat ini, Rainier menyebut yang dibutuhkan pelaku usaha adalah pinjaman lunak yang tidak membebankan pembayaran ke depannya. Itu untuk memastikan hotel bisa kembali beroperasi pada hari pembukaan pariwisata Bali pada 31 Juli esok atau beberapa waktu setelahnya.

"Modal kerja sangat diperlukan, dan kita lagi berusaha keras," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading