3 Permintaan Pengusaha Hotel Bali dan Restoran kepada Jokowi

News - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
18 March 2021 09:50
Presiden Jokowi Tinjau Vaksinasi Massal, Gianyar - Bali, (16/3/2021). (Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali kini bisa bernapas lega. Akhirnya pariwisata Bali akan dibuka kembali untuk para wisatawan.

Ketua PHRI Bali, Rai Suryawijaya menyebut akan ada tiga daerah yang telah diusulkan menjadi Zona Hijau Bebas Covid-19, yakni Nusa Dua, Sanur, dan Ubud. bIni juga menjadi konsentrasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sedang fokus untuk menata kembali tiga daerah itu.


"Kemarin kita bersorak gembira menyambut kedatangan beliau (Jokowi), dan komit berdisiplin. Komitmen bersama, meskipun sebagian besar Bali sedang vaksin, kita tetap laksanakan protokol kesehatan ketat, karena ingin sekali bisnis segera dibuka setelah setahun pandemi," ujar Rai Suryawijaya dalam Profit, CNBC Indonesia Rabu, (17/3/2021).

Dia menyebutkan bahwa keputusan ini adalah yang terbaik. Mengingat ekonomi Bali sedang terpuruk dalam satu tahun terakhir yakni terkontraksi hingga 9,3 % year on year (YoY).

Lalu, pihak asosiasi ini pun juga mengajukan tiga hal kepada pemerintah pusat. Pertama, untuk menyelamatkan pariwisata Bali dengan vaksin, kedua dari 4,3 juta penduduk Bali, minimum 70% di vaksin jadi khususnya pada zona hijau serta erta menambah wilayah zona hijau lainnya yakni Kuta karena lokasi tersebut menjadi barometer pariwisata Bali.

"Pertama, untuk menyelamatkan pariwisata Bali, dengan vaksin. Keinginan kita, dari 4,3 juta penduduk Bali, minimum 70% di vaksin jadi bisa buat zona hijau, sesuai projek kita, Nusa Dua, Sanur, dan UBud. Sedangkan yang saya ajukan Kuta karena ini jadi barometer dari pariwisata Bali," papar dia.

Sebelumnya, Jokowi telah meninjau vaksinasi massal di Puri Saren Agung, Kabupaten Gianyar, Bali, Selasa (16/3/2021). Ketiga wilayah yang menjadi zona hijau tersebut diharapkan segera pulih, setelah program vaksinasi dilakukan.

"Saya melihat provinsi Bali ini kita ingin konsentrasi di tiga zona hijau yang telah ditetapkan yaitu Ubud, Sanur, ketiga di Nusa Dua kita harapkan ini menjadi zona hijau," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan pemerintah akan segera membuka secara penuh ketiga wilayah itu untuk turis saat sudah menjadi kawasan hijau dan aman. Namun, bukan berarti pembukaan wilayah tidak diiringi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

"Kawasan hijau yang nantinya bisa kita buka penuh untuk turis sehingga nanti mereka merasa aman, dan nyaman tinggal di Bali," katanya.

"Dengan kita fokus di tiga zona ini, kebangkitan sektor pariwisata di provinsi Bali akan dimulai dan akan kita evaluasi setiap minggu bagaimana perkembangan di kawasan ini dan pada umumnya di provinsi Bali."


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading