Tol Cinere-Serpong Molor, BSD-Depok Belum Bisa Bablas

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
28 July 2020 16:03
Suasana pembangunan Jalan Tol Serpong-Cinere yang melintasi wilayah Serpong (Jombang), Serua, Ciputat, Pamulang, dan Pondok Cabe/Cinere di Tangerang Selatan, Jumat (29/5/2020).  Jalan Tol tersebut memiliki total panjang 10,14 kilometer hampir rampung yang rencana diperkirakan pertengahan tahun 2020 bisa digunakan. Pantauan CNBC Indonesia beberapa jalan tersebut masih masih dalam proses pengerjaan. Truk truk pasir berbanjar di proyek tersebut. Awalnya jalan tol ini ditargetkan dapat beroperasi sebelum Lebaran tahun 2020.Ruas Jalan Tol Serpong-Cinere akan melintasi wilayah Serpong (Jombang), Serua, Ciputat, Pamulang, dan Pondok Cabe/Cinere. Jalan Tol yang termasuk bagian dari Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) II ini akan tersambung dengan Jalan Tol Serpong-Kunciran dan Jalan Tol Kunciran-Cengkareng. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Proyek dua ruas tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II yaitu Tol Jagorawi-Cinere (Jagorawi) seksi III dan ruas Tol Serpong-Cinere meleset dari target menteri PUPR Basuki Hadimuljono maupun Presiden Jokowi. Kedua ruas ini menjadi penentu koneksi kawasan Serpong, Tangsel dan Depok Jawa Barat.

Untuk ruas Tol Serpong-Cinere ditargetkan baru rampung pada akhir Oktober 2020. PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) selaku pengembang proyek ini mencatat hingga awal Juli 2020 progress pengadaan tanah telah mencapai 91,23% dan progres konstruksi telah mencapai 82,69%, seperti dikutip dari CNN Indonesia.

Sedangkan untuk ruas Tol Cijago seksi III yang menghubungkan Kukusan-Cinere Depok sepanjang 5,5 Km juga ditargetkan akan selesai paling lambat akhir 2020.
Pada 2019, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sempat menargetkan ruas tol Serpong-Cinere (10,14 km) bisa selesai Maret 2020 termasuk Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (14,19 km) dan Kunciran-Serpong (11,19 km).


Sedangkan total Ruas Tol Cinere-Jagorawi (14,64 km), Cimanggis-Cibitung (25,39 km), dan Cibitung-Cilincing (34,02 km) ditargetkan selesai pada akhir 2020.

Presiden Jokowi sempat menargetkan ruas-ruas tol JORR II di bagian sisi barat termasuk ruas Cengkareng-Kunciran, Kunciran-Serpong, Serpong Cinere bisa selesai pada pertengahan 2020.

"Cengkareng-Cinere paling lama Mei 2020 sebelum lebaran," kata Jokowi usai peresmian Tol Serpong-Kunciran, Tangerang Selatan (Tangsel), Jumat (6/12/2019).

Jaringan JORR II mencakup Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (14,2 km), Kunciran-Serpong (11,1 km), Serpong-Cinere (10,1 km), Cinere-Jagorawi (14,7 km), Cimanggis-Cibitung (25,2 km), dan Cibitung-Cilincing (34 km). Dari ruas-ruas di atas, yang sudah beroperasi adalah ruas Cijago (seksi I dan II) dan Tol Kunciran-Serpong.

Mengutip data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Tol Cijago sepanjang 14,7 Km dibangun oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT. Translingkar Kita Jaya yang terbagi menjadi tiga seksi.

Tol Cijago Seksi I sepanjang 3,70 Km dimulai dari interchange Jagorawi hingga ke Jalan Raya Bogor dan telah beroperasi sejak Januari 2012. Kemudian Seksi II sepanjang 5,5 Km dimulai dari Jalan Raya Bogor hingga Kukusan juga telah beroperasi, hanya menyisakan seksi III dari Kukusan-Cinere, terkendala pembebasan lahan.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading