Wamen BUMN: Luhut Pantau Ketat Pengeluaran Pertamina

News - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
14 July 2020 17:00
foto : REUTERS/Darren Whiteside

Jakarta, CNBC Indonesia - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan turut memantau kerja-kerja PT Pertamina (Persero).

Hal itu diungkapkan BGS, sapaan akrab Budi Gunadi Sadikin, dalam konferensi pers "Penandatanganan Perjanjian Potensi Kerja Sama Sinergi Pertamina Group dengan BUMN Galangan Kapal Klaster Industri Manufaktur" secara virtual di Jakarta, Selasa (14/7/2020).

Dalam sambutannya, BGS mengapresiasi kerja sama yang dilakukan Pertamina dengan PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari (Persero), PT Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero) serta PT Industri Kapal Indonesia (Persero). Hal itu menunjukkan perputaran ekonomi tetap berjalan di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang.

"Itu sebabnya, saya terima kasih kepada Pertamina, mendorong itu. Cuma kalau bisa monitor bener spending-nya," ujar BGS.

Menurut dia, hal itu juga sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo dan Luhut. BGS juga meminta agar Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengawasi betul pengeluaran Pertamina. Sebab produk yang dihasilkan memang untuk dalam negeri tapi pembeliannya berasal dari luar negeri alias impor.



Bahkan, menurut BGS, Luhut selalu bertanya terkait pengeluaran Pertamina ini, terutama untuk bahan baku yang dibeli.

"Pak Luhut tanya loh. Jadi gimana, belinya dari mana bahan baku, jangan dari China aja. Jadi kalau bisa spending-nya, ayo Bu Nicke dilihat hati-hati. Jangan apa-apa dari luar negeri. Misalnya, Korea pegang pipa," katanya.

Menurut BGS, jika komunikasi yang dilakukan terjalin dengan baik, maka semua hal bisa diperbaiki. Dia juga kembali berpesan kepada perusahaan serta pihak yang hadir pada acara MoU hari ini untuk membeli baja buatan dalam negeri hasil produksi PT Krakatau Steel Tbk.

"Mereka lebih susah hidupnya dari pada PT Barata Indonesia. Bu Nicke kan sukses, ya Bu Nicke bantu yang lain ya. Bersedekahlah ke sini. Semoga dirut-dirut ini juga bisa bersedekah ke KS," ujar BGS.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading