Bali Dibuka: Turis Domestik 31 Juli, Turis Asing 11 September

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
07 July 2020 13:23
A woman wears a face mask to help stop the spread of the coronavirus as she bicycles down an empty road in Bali, Indonesia, Tuesday, April 14, 2020. Forced apart by the coronavirus pandemic, Southeast Asian leaders linked up by video Tuesday to plot a strategy to overcome a crisis that has threatened their economies and bound millions of people in their homes under lockdowns. (AP Photo/Firdia Lisnawati)

Jakarta, CNBC Indonesia - Mulai 9 Juli 2020 pariwisata Bali dibuka untuk pengunjung lokal Bali. Sedangkan untuk turis domestik dan mancanegara menyusul setelahnya.

"New normal di Bali akan dimulai tanggal 9 Juli untuk masyarakat lokal saja dulu. Untuk wisatawan domestik akan dibuka tanggal 31 Juli, dan untuk wisata mancanegara akan dibuka tanggal 11 September," kata Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati kepada CNBC Indonesia dikutip Selasa (7/7).

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali I Putu Aswata menyebut banyak wisatawan yang sudah berniat kembali berwisata ke Bali. Berdasar survey yang dibuatnya, ada 53% turis yang berminat liburan ke Bali pada bulan Oktober-Desember.


"82% turis ke bali sangat perhatikan CHS (Cleanliness, Health and Safety). Ada juga yang ingin datang pada bulan Juli tapi kurang dari 30%," kata I Putu Aswata dalam diskusi virtual Markplus, Senin (6/7).

Memang perlu waktu untuk mengembalikan kepercayaan diri wisatawan yang sudah cukup pudar akibat pandemi Covid-19. Pemerintah perlu mengambil langkah demi menarik kepercayaan publik tersebut. I Putu Aswata menyebut sedang melakukan sertifikasi terhadap para pelaku usaha di Bali.

"Tujuan sertifikasi ini demi memberi pengakuan bahwa usaha mempunyai standar, kemudian memastikan aspek keamanan dan kesehatan yang komprehensif bagi konsumen serta meningkatkan daya saing usaha dari aspek pelayanan dan pengelolaan," sebutnya.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading