Internasional

Arab Saudi Tembak Kapal Iran, Ini Cerita Lengkapnya!

News - Sefti Oktarianisa, CNBC Indonesia
29 June 2020 07:30
Angkatan Laut Iran Amerika Serikat. (U.S. Navy via AP) Foto: Angkatan Laut Iran Amerika Serikat. (U.S. Navy via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Insiden terjadi antara Arab Saudi dan Iran di perairan Teluk. Tidak tanggung-tanggung, Saudi kemudian melemparkan tembakan kepada tiga kapal Iran sekaligus.

Peristiwa ini sempat membuat heboh. Pasalnya, kedua negara dikenal tidak akur satu sama lain di jazirah Arab.



Lalu, apa yang terjadi sebenarnya?




Seperti dilaporkan Saudi Press, mengutip Juru Bicara Kerajaan Saudi ini akibat kapal-kapal nelayan Iran terus mendekati wilayah Saudi. Bahkan mereka menolak berhenti.

Padahal, mereka sudah berulang kali diberikan peringatan. Akhirnya tiga kapal Iran dipaksa mundur dengan tembakan peringatan.

"Kapal-kapal menolak untuk menanggapi peringatan setelah itu tembakan peringatan ditembakkan ... memaksa mereka untuk mundur," tulis AFP mengutip laporan tersebut, sebagaimana diberitakan Minggu (28/6/2020).

Pada laporan itu, Saudi tidak mengidentifikasi kapal yang dimaksud. Dikutip dari laman yang sama kejadian terjadi pekan kemarin.

Sementara itu, Reuters mengutip media Iran yang mengatakan yang ditembak pasukan penjaga pantau Saudi adalah kapal nelayan Iran. Mereka tersesat di perairan Saudi. Namun, tidak ada yang terluka akibat insiden itu.



Masih menurut media Iran itu, para nelayan telah pergi pada 21 Juni untuk perjalanan 10 hari. Namun, tidak diketahui apakah kedua laporan tersebut merujuk pada insiden yang sama.

Arab Saudi dan Iran telah memutus hubungan diplomatik sejak 2016. Namun, perselisihan kedua negara sudah terjadi sejak 1979.

Ketegangan meningkat pada tahun lalu setelah serangkaian serangan terhadap tanker minyak di Teluk dan instalasi minyak Saudi, insiden yang mengguncang pasar energi global tahun lalu.

Baik Amerika Serikat dan Saudi menuduh Iran berada di balik serangan itu. Tuduhan yang sontak dibantah oleh Iran.

Saksikan video terkait di bawah ini:

Haji 2020 Dibatalkan, KBRI Riyadh Lakukan Hal Ini


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading