Kendalikan Covid-19 atau Pulihkan Ekonomi? Jokowi : Sulit!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
25 June 2020 14:22
Pengarahan Presiden RI Terkait Penanganan Covid-19 di Jawa Timur, Surabaya. Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa pemerintah saat ini dihadapkan pada situasi sulit di mana harus mengendalikan penyebaran Covid-19 yang mengancam kesehatan dengan tetap menjaga aktivitas perekonomian.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat memberikan pengarahan kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa serta jajaran bupati maupun walikota saat melakukan kunjungan kerja ke Jawa Timur, Kamis (25/6/2020).

"Inilah, sulitnya saat ini," tegas Jokowi.


Jokowi menjelaskan bahwa dalam situasi seperti saat ini, pemerintah memang harus berkali-kali menginjak 'rem' dan menekan 'pedal gas' untuk menyeimbangkan dalam upaya menangani masalah kesehatan dan ekonomi.

"Dalam mengelola manajemen krisis ini, rem dan gas ini harus betul-betul seimbang tidak bisa kita gas di urusan ekonomi, tetapi kesehatannya menjadi terabaikan. Tidak bisa juga kita konsentrasi penuh di urusan kesehatan, tetapi ekonominya menjadi sangat terganggu," katanya

Eks Gubernur DKI Jakarta itu lantas mengingatkan kepada jajarannya maupun seluruh pemerintah daerah agar betul-betul mengerti situasi yang dialami saat in. Dibutuhkan kepekaan dalam mengatasi hal ini.

"Gas dan rem inilah yang selalu saya sampaikan kepada gubernur, bupati, walikota ini harus pas betul ada balance, ada keseimbangan. Sehingga semuanya dapat dikerjakan dalam waktu yang besamaan," katanya.

 


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading