Balada Argentina: Jago Main Bola, Tapi Kok Gampang Resesi Ya?

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
25 June 2020 12:36
Barcelona's soccer player Lionel Messi holds the trophy of the Golden Ball award ceremony in Paris, Monday, Dec. 2, 2019. Messi won the Ballon d'Or for sixth time. (AP Photo/Francois Mori)

Jakarta, CNBC Indonesia - Argentina identik dengan sepakbola. Negeri Tango melahirkan banyak pesepakbola hebat pada masanya seperti Mario Kempes, Diego Maradona, dan terakhir sang GOAT (Greatest of All Time) Lionel Messi.

Argentina dua kali menjadi juara Piala Dunia yaitu pada 1978 dan 1986. Tim nasional Argentina adalah pemegang 14 titel juara Copa America, terbanyak kedua setelah Uruguay (15).

Saat ini Argentina duduk di peringkat sembilan peringkat FIFA. Posisi terbaik Argentina adalah peringkat satu yang terakhir diraih pada 2017. Sementara posisi terburuknya adlaah rangking 24 yang terjadi pada 1996.


Pencapaian itu menggambarkan betapa Argentina adalah salah satu kekuatan besar di jagat sepakbola. Di setiap turnamen Piala Dunia atau Copa America, nama Argentina selalu ada di daftar kandidat juara.

Namun dalam hal ekonomi, yang terjadi adalah sebaliknya. Betul, Argentina adalah anggota G20 (kelompok negara yang menguasai lebih dari 80% perekonomian dunia). Akan tetapi, ekonomi Argentina boleh dibilang seperti pesakitan.

Pada kuartal I-2020, ekonomi Argentina mengalami kontraksi (pertumbuhan negatif) -5,4% year-on-year (YoY). Dalam tiga kuartal terakhir, ekonomi Argentina tidak bisa lepas dari teritori minus.

Dalam kurun waktu 10 tahun belakangan, kontraksi ekonomi di Argentina terjadi selama 17 kuartal. Argentina mengalami resesi (kontraksi ekonomi dua kuartal beruntun pada tahun yang sama) pada 2012, 2014, 2016, 2018, dan 2019. Tidak seperti Messi, ekonomi Argentina gampang sekali 'cedera'.

Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan ekonomi Argentina tahun ini terkontraksi -9,9%. Jika itu terjadi, maka 2020 akan menjadi resesi resesi keenam yang dialami Argentina dalam 10 tahun terakhir.

Well, sebelum pandemi virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19) saja ekonomi Argentina sudah terpuruk. Virus corona akan semakin membuatnya ambles.

Ini yang Bikin Ekonomi Argentina Rawan "Cedera'
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading