Pilih Ekonomi Daripada Kesehatan Rakyat, Ini Kata Luhut!

News - dob, CNBC Indonesia
23 June 2020 18:51
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (CNBC Indonesia/Anisatul Umah)

Jakarta, CNBC Indonesia- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan kembali menekankan bahwa pemerintah tidak hanya fokus kepada masalah ekonomi namun pemerintah tetap fokus ke penanganan Covid-19.

Luhut mengaku pemerintah sampai saat ini selalu mengambil langkah serta kebijakan berdasarkan data bukan secara gambling.

"Jadi soal covid itu kita amati dengan cermat, kita sudah punya data setiap hari yang kita baca, anda tidak bisa melihat data indonesia secara keseluruhan nanti keliru bacanya karena kita negara kepulauan sehingga akhirnya per kota malah per kabupaten, paling besar itu per provinsi karena dari 34 provinsi dan 500 lebih kabupaten, banyak juga yang sama sekali gak ada kasus Covid-19, jadi pemerintah tidak mungkin mengabaikan kami justru melakukan exit strategi itu dasarnya dari data data yang ada," ujar Luhut, dalam Webinar Online Bangga Buatan Indonesia, Selasa (23/6/2020).


Menurut Luhut, kebijakan yang didasarkan data guna menciptakan penanganan yang simbang terhadap masalah Covid-19 dan juga masalah ekonomi yang ditimbulkan. Jadi pemerintah tidak melakukan kebijakan secara gambling atau mementingkan masalah ekonomi dibanding Covid-19.

"Kita semua harus melihat ekuilibrium atau keseimbangan penanganan covid dan ekonomi, kalau kita menangani ekonomi saja, ya matilah karena Covid, kalau menangani Covid saja matilah karena kelaparan jadi kita harus melihat keseimbangan itu dengan cermat, cermatnya bagaimana? ya dengan data semua bicara data," ujar Luhut.

Meski demikian, faktor yang paling menentukan saat ini adalah masyarakat sendiri, karena pemerintah tidak mampu bekerja sendiri. Kedisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan menjadi faktor yang paling menentukan.

"Kita sudah bagi daerah dengan warna-warnanya tapi pemerintah juga tidak bisa bekerja sendiri sehingga membutuhkan kerjasama masyarakat terutama disiplin masyarakat terhadap protokol kesehatan mulai dari menggunakan masker, cuci tangan, menjaga jarak kalau tidak dilakukan sampai kapanpun tidak akan selesai masalah ini," ungkap Luhut.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading