Breaking News

Taspen Life Kuasai 70% Saham Jiwasraya Putra, BTN 30%

News - Monica Wareza, CNBC Indonesia
19 June 2020 21:04
Antonius NS Kosasih (Rengga Sancaya - detikFinance)

Jakarta, CNBC Indonesia - Anak usaha PT Taspen yakni Taspen Life resmi mencaplok 70% saham Jiwasraya Putra.

Jiwasraya Putra merupakan anak usaha dari PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

"Taspen Life memenangkan bidding Jiwasraya Putra di mana Taspen Life akan memiliki 70% dari saham Jiwasraya Putra dan 30% lainnya dimiliki BTN," kata Dirut Taspen Steve Kosasih kepada CNBC Indonesia, Jumat (19/6/2020).

Steve menggarisbawahi, aksi perseroan ini tak terkait skema penyelamatan Jiwasraya. Menurutnya Jiwasraya Putra adalah perusahaan yang tidak memiliki masalah.

"Jiwasraya Putra adalah perusahaan clean and clear yang tidak memiliki bad debt (malah sama sekali tidak memiliki debt), memiliki cash flow sehat, dan memiliki kerjasama Asuransi Jiwa Kredit untuk KPR dan KPA termasuk KPR/KPA Bersubsidi dan Bancassurance dengan Bank BTN," paparnya.

"Seluruh pembelian ini menggunakan dana kelolaan investasi yang hanya sebagian kecil dari total portofolio investasi Taspen yang besarnya lebih dari Rp 250 trilliun."

Awalnya, Jiwasraya Putra ini dibentuk oleh beberapa pemodal yakni PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI, PT Telekomunikasi Selular atau Telkomsel, dan PT Pegadaian (Persero).

Jiwasraya Putra ini nantinya akan mengakuisisi nasabah ritel milik Jiwasraya dan pada akhirnya mampu membayar klaim dari seluruh nasabah.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading