Renungan Sri Mulyani: Sudahkan Kita Jadi Solusi Bangsa Ini?

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
15 June 2020 10:05
Menteri Keuangan Sri Mulyani memberi sambutan kepada pers.

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, generasi muda adalah kunci bagi kesuksesan masa depan bangsa. Ia pun berharap banyak generasi muda yang mengambil bagian menjadi solusi bangsa ini.

Ia pun optimis generasi muda menjadi solusi bangsa bisa terwujud, karena salah satu tujuan pemerintah saat ini adalah menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas.



"Jika kita ingin mewujudkan Indonesia maju, maka kita perlu mempersiapkan SDM berkualitas dan berdaya saing global. SDM yang mampu mendorong inovasi untuk membuat perubahan yang tidak biasa dan berkontribusi sesuai disiplin ilmu untuk membangun Indonesia. Setuju?" tulis Sri Mulyani melalui akun instagramnya yang dikutip Senin (15/6/2020).

Salah satu langkah pemerintah dalam mendukung ini adalah dengan tetap memberikan beasiswa dan mendanai riset anak muda bangsa melalui pengelolaan dana abadi Pendidikan pada BLU Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP).

Dari data Kemenkeu, sejak beroperasi hingga kuartal I-2020, pemerintah telah memberikan beasiswa kepada 24.926 orang. Dari total realisasi tersebut sebanyak 9.287 telah menyelesaikan studinya.




"Mereka merupakan putra putri terbaik yang melanjutkan studi di berbagai Perguruan Tinggi terbaik dunia. Kini, semakin banyak anak bangsa yang berkesempatan melanjutkan studi pada perguruan tinggi top dunia," ujarnya.

Ia merinci dari total penerima beasiswa LPDP tersebut, ada sebanyak 273 orang yang diterima di perguruang tinggi peringkat utama dunia seperti Harvard University, MIT, Stanford University, University of Oxford, Columbia University, Johns Hopkins University hingga University of Cambridge.

"Sungguh membanggakan bukan," puji Sri Mulyani.

Bendahara negara ini menjelaskan, penerima beasiswa LPDP yang sudah lulus juga telah kembali ke Indonesia. Semuanya tersebar pada berbagai institusi publik dan swasta dan berkontribusi secara aktif dengan keahliannya masing-masing.

"Saya berharap awardee (penerima beasiswa) LPDP dapat menjadi role model di manapun mereka berada," jelasnya.

Sri Mulyani pun mengatakan sangat terharu dan bangga karena 205 orang dari penerima dan lulusan beasiswa ikut berkontribusi dalam berbagai peran di masa pandemi COVID-19 ini. Mereka berperan di berbagai bidang seperti tenaga medis, perumus kebijakan, peneliti, pengembangan IT, edukasi dan komunikasi, gugus tugas hingga inisiator donasi.

"Kepada generasi muda tanpa kecuali, terus motivasi diri menjadi bagian dari solusi bagi bangsa Indonesia untuk mencapai cita-cita Indonesia Maju, karena kalianlah pemilik masa depan Indonesia yang sesungguhnya," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading