Internasional

Jet Tempur Siluman F-35 AS Terbang ke Arab, Gempur Iran?

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
12 June 2020 13:37
Lockheed Martin F-35 (Foto: REUTERS/Axel Schmidt -/File Photo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Angkatan Udara AS disebut mengerahkan jet tempur siluman F-35 ke Timur Tengah. Dikutip dari Fox News, jet tersebut dikirimkan ke Pangkalan Udara Al-Dhafra di Uni Emirat Arab.

Dalam pemberitaannya, media AS itu mengatakan F-35 akan melakukan pengawalan dan pengintaian ke musuh potensial. Termasuk mendukung operasi tempur di wilayah komando AS di kawasan tersebut.


"Karena operasi melawan ISIS dan Taliban telah berkurang, bahkan berakhir ... F-35 cenderung ditujukan untuk pencegahan, perlindungan pasukan dan pengawalan kapal," tulis media tersebut, Jumat (12/6/2020).

Meski demikian, Fox New menulis F-35 sepertinya akan bersiaga untuk memantau pergerakan Iran, termasuk mengambil alih pengembangan senjata nuklir jika dibutuhkan.

Sayangnya belum ada komentar resmi lain Pentagon. Militer AS hanya menegaskan jet akan membantu tugas militer utama militer AS di kawasan.

Sebelumnya, awal tahun lalu F-35 juga melakukan latihan massal sebagai mana ditulis The Guardian. Latihan itu disebut-sebut juga ada kaitannya dengan ancaman Presiden AS Donald Trump untuk menyerang Iran saat kedua negara panas karena kematian Jenderal Garda Revolusi Iran, Qasem Soleimani.

Hubungan AS dan Iran turun naik. Kedua negara bersitegang karena pengembangan nuklir Iran. AS menuding Iran mengembangkan senjata nuklir. Namun Tehran kerap membantahnya.

Di kawasan Timur Tengah, AS dan sekutu menganggap Iran sebagai lawan. Kemarin, kawasan Kedutaan Besar AS di Irak diserang bom dan para militer Irak yang didukung Iran dituding bertanggung jawab.

Ketegangan kedua negara sempat mempengaruhi harga minyak. Saat Trump mengancam akan menghancurkan kapal Iran bulan lalu, harga minyak WTI AS yang sempat negatif  tiba-tiba berbalik arah.



[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading