Ini Cara Daftar Sekolah Kedinasan dari BIN Sampai IPDN

News - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
10 June 2020 15:39
Akademi Sekolah Kereta Api(Dok.Ist)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah telah membuka pendaftaran sejumlah sekolah kedinasan negara sejak 8 Juni 2020 lalu. Pembukaan akan berlangsung hingga 23 Juni 2020.

Dalam keterangannya yang dikutip Rabu (10/6/2020), Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyebutkan ada enam instansi yang membuka pendaftaran sekolah kedinasannya.

Ke-enam instansi tersebut adalah Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) oleh Kementerian Dalam Negeri, Politeknik SSN oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Poltekip dan Poltekim oleh Kementerian Hukum dan HAM.

Selanjutnya Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) oleh Badan Intelijen Negara (BIN), Politeknik Statistika STIS oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dan Sekolah tinggi dan politeknik oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Adapun syarat utama untuk pendaftaran adalah Warga Negara Indonesia (WNI), Pria/Wanita, lulusan SMA atau sederajat dan minimal berusia 16 tahun dan maksimal 21 tahun pada Desember 2020.

Adapun cara mendaftar pada sekolah kedinasan adalah:

1. Akses melalui portal https://dikdin.bkn.go.id
2. Buat akun pada portal dengan data diri
3. Setelah itu masuk ke menu "daftar sekarang"
4. Selanjutnya sisi data diri mulai dari nama Lengkap hingga tanggal lahir
5. Setelah selesai maka tinggal menunggu untuk verifikasi data oleh BKN. Maka nantinya tinggal menunggu email balasan untuk pelaksanaan ujian SKD pada bulan Juli 2020.

"Pelaksanaan Seleksi Lanjutan akan diatur oleh masing-masing sekolah kedinasan baik jadwal dan format ujian menyesuaikan status tanggap darurat non bencana pandemi covid-19," tulis BKN dalam portal resminya.



(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Baca Juga
Features
    spinner loading