Masterplan Ibu Kota Negara Baru RI Segera Selesai

News - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
09 June 2020 13:37
foto : Gagasan Rencana dan Kriteria Desain Ibu kota Negara 3 (Dok: PUPR)
Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) hingga saat ini terus melakukan pembahasan masterplan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN). Apalagi pembangunan ini bisa menjadi salah satu cara memulihkan roda perekonomian Indonesia.

"Kami sedang menyiapkan masterplan yang mudah-mudahan dalam waktu dekat selesai," ujar Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam diskusi virtual, Selasa (9/6/2020).

Suharso mengatakan, saat pandemi Covid-19 menyerang, roda perekonomian terhenti cukup lama. Oleh karenanya perlu langkah nyata untuk menggerakkan perekonomian dan salah satunya pembangunan ibu kota.


"Ini akan menciptakan jam kerja luar biasa besar dan punya efek berantai luar biasa," tambahnya.

Ia menjelaskan, efek berantai dalam pembangunan ini akan menghidupkan banyak bisnis baru di Kalimantan. Misalnya, saat pembangunan IKN maka akan dibutuhkan banyak bahan seperti batu tapi di Kalimantan tidak ada sehingga perlu diambil dari Sulawesi.

Kemudian, akan dibutuhkan alat seperti tongkang untuk mengangkat atau memindahkan batu yang jumlahnya banyak tersebut ke lokasi IKN.

"Bisnis bukan hanya di batu tapi juga tongkang yang diperlukan untuk angkut (batu) ke daerah IKN. Tongkang bisnis sendiri, jam kerja sendiri, dan yang kerja di batu itu. Ini luar biasa, efek berantai dan perputaran ekonominya akan luar biasa," tegasnya.

Selain itu, dengan IKN baru ini maka bisa mendorong Samarinda dan Kalimantan menjadi pusat perekonomian baru tanpa memindahkan semua kegiatan bisnis dari Jakarta. Sebab, dengan sendirinya akan tercipta bisnis dan pabrik baru di tempat tersebut.

"Kita bisa dorong jadi pusat pabrikan tanpa kemudian pindahkan seluruh aktivitas ekonomi di Jakarta kesana," tutupnya.




[Gambas:Video CNBC]




(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading