Sayonara! Ambisi Datangkan 17 Juta Kunjungan Turis Asing

News - Tirta Citradi, CNBC Indonesia
02 June 2020 14:12
A woman wears a face mask to help stop the spread of the coronavirus as she bicycles down an empty road in Bali, Indonesia, Tuesday, April 14, 2020. Forced apart by the coronavirus pandemic, Southeast Asian leaders linked up by video Tuesday to plot a strategy to overcome a crisis that has threatened their economies and bound millions of people in their homes under lockdowns. (AP Photo/Firdia Lisnawati)
Jakarta, CNBC Indonesia - Sektor pariwisata Indonesia terkena dampak serius akibat merebaknya wabah Covid-19 secara global. Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dalam empat bulan terakhir drop secara signifikan dan target kunjungan wisman tahun ini menjadi hal yang semakin mustahil dicapai.

Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan jumlah kunjungan wisman bulan April mencapai angka 160 ribu. Jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, maka jumlah kunjungan anjlok 66,2% (mom). Sementara jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu kunjungan wisman turun 87,44% (yoy). 

Dalam kurun waktu empat bulan terakhir, jumlah kunjungan wisman ke RI mencapai 2,77 juta kunjungan. Angka ini jauh lebih rendah dibanding periode yang sama tahun lalu sebanyak 5,03 juta. Itu artinya jumlah kunjungan wisman turun tajam hingga 45,1% (yoy).




Kunjungan wisman melalui berbagai jalur baik melalui jalur udara, laut dan darat drop nyaris 100%. Tingkat hunian kamar di hotel berbintang juga ikut anjlok. BPS mencatat tingkat hunian kamar hotel berbintang pada Maret dan April anjlok signifikan.



Maklum pandemi Covid-19 membuat banyak negara menerapkan larangan bepergian bahkan negara-negara penyumbang turis terbanyak ke Indonesia seperti China, Malaysia dan tak ketinggalan Singapura menerapkan lockdown di negaranya. 

Jika melihat data ini maka target 17 juta kunjungan wisman tahun ini akan semakin sulit untuk tercapai, mengingat kondisi yang tidak kondusif dan tren sejak 2016 realisasinya selalu meleset dari target.

Tak Cuma Indonesia, Sektor Pariwisata Global Juga Suram
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading