KA Cepat JKT-BDG Diperpanjang Surabaya, Jepang Bakal Masuk

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
29 May 2020 15:38
Pengerjaan pemulihan Proyek KCJB terhadap kerusakan akses jalan disamping jalan tol Cikampek +4, Cipinang Melayu (Dok. PT Kereta Cepat Indonesia China)
Jakarta, CNBC Indonesia - Investor dari Jepang diusulkan bisa masuk dalam pelaksanaan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung yang bakal disambung sampai Surabaya.

Selama ini proyek kereta cepat Jakarta-Bandung digarap pembangunanya oleh konsorsium China dan BUMN, sedangkan Jakarta-Surabaya digarap oleh Jepang sebagai proyek kereta semi cepat yang masih tahap pra studi kelayakan.

Hal ini setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung akan tersambung sampai Surabaya.


Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan ada kajian untuk mengintegrasikan dua jalur proyek kereta cepat yang berbeda tersebut,  ada peluang penambahan konsorsium dari Jepang.



"Terkait proyek kereta cepat juga terjadi budget over-run, dan ada keterlambatan selama 1 tahun. Oleh karena itu arahan Bapak Presiden agar lebih ekonomis untuk didorong kelanjutan proyek tidak hanya berhenti di Bandung tetapi terus sampai Surabaya. Dan diusulkan agar konsorsium bisa ditambah oleh konsorsium dari Jepang," kata Airlangga di Jakarta, usai Ratas soal Proyek Strategis Nasional, Jumat (29/5).

Airlangga mengatakan, kini soal rencana penyambung proyek kereta cepat Jakarta-Bandung hingga Surabaya, masih kajian oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir. 

"Oleh Menteri BUMN akan dikaji, baik itu mengenai anggota konsorsium juga mengenai rute dan total project," kata Airlangga.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya

Wah, Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Macet, Kenapa Ya?


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading