Pusat Lumbung Pangan RI Bakal Digeser ke Kalimantan Tengah

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
29 May 2020 14:38
Suasana luas area lahan pertanian di Kecamatan Cibarusah yang mengalami kekeriangan akibat musim kemarau, Desa Ridogalih, Cibarusa, Jawa Barat. Dikutip berita Cikarang.com Camat Cibarusah, Enop Can mengatakan saat ini terdapat kurang lebih 50 hektar lahan pertanian yang ada di wilayahnya mengalami kekeringan. Lahan pertanian itu tersebar di 3 desa, yakni Ridogalih, Ridomanah dan Sirnajati. berdasarkan data Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi per tanggal 15 Juni 2019, dari total 22.174 hektare lahan pertanian yang tersebar di 23 kecamatan di Kabupaten Bekasi, sebanyak 791 hektar telah dilanda kekeringan. Kekeringan lahan pertanian di Kabupaten Bekasi terjadi di 3 kecamatan yakni Bojongmangu 716 hektar, Sukatani 47 hektar dan Cibarusah 28 hektar. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)
Jakarta, CNBC Indonesia - Pengembangan pusat lumbung pangan (Food Estate) yang semula akan dibangun di Kabupaten Merauke, papua dipastikan akan digeser di wilayah Kuala Kapuas, Kalimantan Tengah.

Hal tersebut dikemukakan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dalam konferensi pers usai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui video conference.

"Kesiapan pembukaan Food Estate di Kalimantan Tengah. Ada proyek lahan gambut satu juta hektare," kata Basuki, Jumat (29/5/2020).


Basuki menjelaskan wilayah Kuala Kapuas sudah memiliki 164.000 hektare lahan sawah yang saat ini sudah ditanami secara tahunan seluas 85.000 hekare. "Sisanya 75.000 mungkin sudah menyemak," katanya,

Berdasarkan perintah kepala negara, Basuki mengatakan bahwa pengembangan proyek ini akan melibatkan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pemerintah, pun nantinya hanya menyiapkan prasarananya.

"Karena ini pra sarananya bukan hanya dari Sungai Barito dan Kapuas, juga dapat dilalui dengan jalan darat jadi lebih murah. Pemerintah hanya perbaiki saluran irigasi baik sekunder dan primer." katanya.




[Gambas:Video CNBC]




(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading