Sambut New Normal, Pabrik Toyota Siap Produksi Lagi Awal Juni

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
27 May 2020 15:08
Ilustrasi Toyota Innova
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Toyota Astra Motor (TAM) dan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengumumkan akan memulai kegiatan berbisnis di Indonesia mulai Juni 2020, termasuk aktivitas pabrik. Kegiatan bisnis di Indonesia bersiap menghadapi masa new normal.

"Kami tetap mengikuti arahan pemerintah, bertahap kegiatan dealer akan di buka, tentu dengan protokol COVID-19 sesuai dengan New Normal. Contoh Jakarta, masih menunggu PSBB apakah masih berlanjut? Yang kami sudah terima adalah Bandung, sudah mulai boleh buka dealer tapi tentu sesuai protokol pemerintah," kata Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi dikutip dari detikcom, Rabu (27/5).

"Toyota Astra Motor (TAM) head office ada di Jakarta jadi menunggu PSBB. Kalau pabrik bisa cek ke teman-teman TMMIN, kalau tidak ada halangan akan kembali aktif di awal Juni 2020. Sekarang TAM dan TMMIN masih libur sampai 1 Juni 2020," Anton menambahkan.




Sementara itu, Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal TMMIN, Bob Azam juga menjelaskan produksi kendaraan Toyota akan dimulai sesuai rencana 1 Juni 2020.

"Mulai produksi tanggal 2 Juni, office buka (kembali beraktivitas) tanggal 5 Juni. Ya produksi slow start dulu, semua line sudah jalan tapi dengan kapasitas di bawah 50 persen," ucap Bob.

Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) akan mulai produksi secara penuh? "Tergantung hilirnya, daya beli," tambah Bob.

TMMIN sempat menghentikan sementara produksi mobilnya. Selama masa penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), Toyota Indonesia menetapkan kebijakan bekerja di rumah untuk karyawan dan menghentikan sementara kegiatan produksi selama 2 minggu di April 2020.

Pabrik Toyota sempat aktif beberapa fungsi sejak 27 April 2020 dengan pengaturan 1 shift sesuai izin yang dikeluarkan oleh Kementerian Perindustrian. Pengaktifan itu untuk memenuhi layanan dan komitmen ekspor.

Setelah itu Toyota kembali menghentikan sementara aktivitas produksi. TMMIN menetapkan kebijakan untuk menghentikan aktivitas produksi sejak tanggal 11 Mei-1 Juni 2020.

[Gambas:Video CNBC]




(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading