Sedihnya Pelajar RI: Sekolah Dibuka Rasanya Tak Sama Lagi

News - Tirta Citradi, CNBC Indonesia
25 May 2020 15:28
Masih Ada Sekolah Rusak. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)
Mengingat dampak negatif yang ditimbulkan sangatlah merugikan bagi siswa, sekolah, sistem pendidikan hingga perekonomian, maka pemerintah perlu fokus pada penanganan wabah agar kehidupan cepat kembali pulih. 

Namun rasanya, jika kasus sudah melandai dan sekolah bisa dibuka pun bangku-bangku di kelas akan terasa sangat berbeda. Bagaimanapun juga sebelum vaksin dan obat yang efektif untuk corona ditemukan, serangkaian protokol kesehatan masih akan dijalankan untuk menghindari potensi merebaknya gelombang kedua yang mengerikan.

Panduan untuk kembali dibukanya sekolah pada masa new normal masih akan tetap menggalakkan penerapan jaga jarak aman, pengecekan suhu, penggunaan masker hingga penerapan perilaku higienis.


Badan Perserikatan Bangsa-bangsa untuk kesejahteraan anak (UNICEF) sudah mengeluarkan panduan bagi negara yang ingin membuka kembali kegiatan belajar-mengajar di sekolah. Panduan tersebut terdiri dari tiga tahap yaitu sebelum pembukaan, memasuki proses pembukaan, dan ketika pembukaan sudah dilakukan.

Pada dasarnya panduan tersebut berisi poin-pon yang harus dipersiapkan dalam setiap tahap pembukaan. Walaupun sudah 'dibuka' bukan berarti KBM seperti sedia kala akan langsung dapat diterapkan.

Masih banyak pembatasan-pembatasan yang harus diterapkan, termasuk di dalamnya shift waktu dan jumlah peserta KBM yang dibatasi untuk meminimalkan terjadinya kontak yang memicu penularan wabah. 

Hal ini berarti bahwa kehipan siswa-siswi Indonesia pada periode new normal pun akan jauh berbeda dari sedia kala yang dipenuhi dengan keramaian, kerumunan hiruk pikuk hingga canda tawa.

Miris memang. Namun mau bagaimana lagi, sekarang adalah saatnya untuk fokus pada upaya penanganan wabah untuk terus menekan jumlah kasus, sehingga periode pemulihan dapat berjalan lebih cepat.


TIM RISET CNBC INDONESIA




(twg/roy)
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading