Makna Lebaran Sri Mulyani: Melawan Nafsu di Tengah Pandemi

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
24 May 2020 11:15
Menteri Keuangan Sri Mulyani di acara Perjanjian Kerja Sama Percepatan dan Perluasan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETP). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)
Jakarta, CNBC Indonesia - Hari ini, semua umat muslim merayakan hari kemenangan setelah sebulan menjalankan ibadah Puasa. Namun, hari Raya Idul Fitri tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Bagaimana tidak, pandemi virus corona atau Covid-19 mengharuskan semuanya harus dil uar kebiasaan. Tradisi mudik dan salat Id bersama yang harus ditiadakan sementara demi kebaikan bersama.

Hal ini juga dirasakan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang juga merasakan suasana berbeda. Meski demikian ia menilai makna yang didapatkan sama dengan bulan ramadan setiap tahunnya.


Hal ini ia sampaikan melalui ucapan selamat hari Lebaran kepada seluruh masyarakat Indonesia dan khususnya jajaran Kementerian Keuangan melalui instagram pribadinya.


"Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh. Selamat Idul FItri 1 Syawal 1441 H. Minal aidin wal faizin. Mohon maaf lahir batin," ujar Sri Mulyani, Minggu (24/5/2020).

"Bulan Ramadhan dan bulan Syawal tahun ini kita lalui dengan tidak biasa namun tetap memiliki esensi yang sama, yaitu bulan dimana kita melakukan amalan dan ibadah guna mendekatkan diri kepada Sang Maha Pencipta," tambahnya.

Menurutnya, tahun ini semua umat muslim tidak hanya sekedar melawan rasa lapar dahaga, namun juga melawan rasa ketakutan, melawan nafsu untuk berbuat yang membahayakan jiwa raga diri sendiri dan orang lain di dalam masa pandemi Covid-19.

Ia pun mengapresiasi atas kinerja yang dilakukan jajaran Kementerian Keuangan di masa pandemi ini. Yang tetap bekerja dengan efektif meski terkendala oleh keadaan yang sulit.


"Secara tulus saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Kementerian Keuangan yang terus berdedikasi melakukan tugasnya, menjaga kompetensi, dan menjaga komitmen di masa sulit ini. Meskipun tidak bertemu fisik dengan keluarga tercinta, insha Allah tidak mengurangi silaturahmi rasa kasih sayang dan jembatan hubungan persaudaraan. Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh."


[Gambas:Instagram]




(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading