PSBB Jakarta Tekan Penularan Covid-19, Sudah Siap New Normal?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
20 May 2020 17:32
Satlantas Jakpus memberikan himbauan terhadap pengendara  kendaraan motor dan mobil terkait pemberlakuan PSBB di Cek Point Pos PSBB Tugu Tani Jakpus. (Twitter TMC Polda)
Jakarta, CNBC IndonesiaPenerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta dinilai berhasil menekan angka reproduksi/tingkat penularan awal (R0) virus corona baru penyebab Covid-19. Berdasarkan data FKM UI, pada awal Maret R0 di DKI adalah 4 (satu orang bisa menulari empat orang lain). Sementara, selama PSBB, per 17 Mei 2020, angkanya mulai stabil di kisaran 1,11.

DKI Jakarta sudah memutuskan memperpanjang PSBB selama 14 hari hingga 4 Juni 2020. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap ini adalah fase penghabisan. Lantas, apakah mungkin Jakarta bisa normal usai PSBB III? 

"Soal Jakarta itu sekali lagi memang angkanya sudah mendekati 1. Tetapi tentu persyaratannya WHO itu kalau sudah di bawah 1. Itu pun setidak-tidaknya, sekurang-kurangnya di bawah 1 selama dua minggu dia bisa memelihara R0 pada 14 hari berturut-turut di bawah 1," kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Rabu (20/5/2020).


Menurut dia, tidak ada perbedaan data antara Kementerian PPN/Bappenas dengan Pemprov DKI Jakarta. Semua lantaran yang membantu kerja-kerja kedua institusi adalah ahli epidemiologi dari UI dan Bappenas. Kendati demikian, Suharso tidak menjelaskan perinci perihal kemungkinan Jakarta kembali normal usai PSBB III.

"Jawaban saya itu," kata politikus PPP ini.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan untuk memperpanjang pelaksanaan PSBB yang berakhir 22 Mei. Anies memperpanjang PSBB selama 14 hari atau hingga 4 Juni 2020.

"Dan ini akan bisa menjadi PSBB penghabisan jika kita disiplin. Karena itu, saya ingin sampaikan kepada semua, jangan sampai kita harus memperpanjang lagi. Kami mengambil semua keputusan mengandalkan kepada temuan-temuan ilmiah. Ini semua berbasis pada sains, bukan kira-kira. Seperti kelihatannya kok suasananya sudah enak, bukan seperti itu. Tetapi mengandalkan pada data-data seperti ini," katanya, kemarin.

"Nah ini sebabnya bagi semuanya seluruh masyarakat Jakarta, di hari-hari ke depan, saya minta tetap disiplin. Meskipun kita memasuki musim lebaran, tetaplah berada di rumah, tetaplah bersama keluarga, kurangi kegiatan ke luar. Supaya kita bisa benar-benar mengakhiri masa PSBB ini. Yang menentukan bukan pejabat pemerintah, yang menentukan bukan sekadar penegak hukum, yang menentukan adalah kita semua," lanjut Anies.



Anies pun mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang sudah disiplin dalam dua bulan terakhir. Menurut eks mendikbud ini, mereka adalah pahlawan dalam pengendalian penyebaran Covid-19. Sementara tenaga medis adalah pertahanan terakhir.

"Bila kita bisa berada di rumah, bila kita mencegah penularan, maka tidak bertambah pasien. Dengan begitu, pertahanan terakhir yaitu para tenaga medis tidak terbebani. Tapi bila kita bepergian, kita tidak menjaga jarak, kita longgar, maka kita menambah beban untuk pertahanan terakhir kita yaitu para tenaga medis. Jadi saya ingin sampaikan terima kasih, apresiasi kepada semua yang sudah menjaga," kata Anies.

"Dan kepada yang belum, saya ingin memanggil untuk ikut ambil tanggung jawab. Mari kita ambil tanggung jawab. Mereka yang selama ini belum disiplin di rumah, dua minggu ke depan mari kita disiplin di rumah. Kendalikan ini semua, sehingga Jakarta benar-benar bisa sukses mengendalikan virus ini. Dan insya allah kita bisa kembali berkegiatan normal," lanjutnya.

Lebih lanjut, Anies bilang akan mengumumkan fase-fase pembukaan agar semua masyarakat bisa kembali berkegiatan, termasuk sektor-sektor mana yang akan dimulai lebih dulu. Tapi itu semua harus merujuk kepada temuan dari angka reproduksi ini.

"Demikian penjelasan dari kami di Pemprov DKI Jakarta. Jadi PSBB diperpanjang sampai tanggal 4 Juni dan mudah-mudahan ini menjadi PSBB penghabisan. Mari kita sama-sama. Kita bisa! Seluruh warga Jakarta, saya percaya, kita bisa! Disiplin kita kerjakan, dan insya Allah ini menjadi penghabisan bagi kita semua. Setelah itu kita memulai babak baru bisa berkegiatan di luar rumah seperti semula, dan tentu dengan protokol yang baru," kata Anies.
Artikel Selanjutnya

Pengumuman! DKI Jakarta Bakal Perpanjang PSBB Nih


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading