Shopping Time! Segera Dibuka Kembali, Ini SOP Masuk Mal

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
19 May 2020 06:25
Patrons use escalators at the upmarket shopping mall Siam Paragon in Bangkok, Thailand, Sunday, May 17, 2020. Thai authorities allowed department stores, shopping malls and other businesses to reopen from Sunday, selectively easing restrictions meant to combat the coronavirus. (AP Photo/ Gemunu Amarasinghe)
Jakarta, CNBC Indonesia - Pengelola pusat perbelanjaan atau mal di Jakarta sudah bersiap untuk membuka kembali mal di Jakarta. Mereka menunggu kepastian batas terakhir penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APBBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat meminta agar Pemprov DKI dapat segera mengumumkan tentang masalah PSBB yang akan berakhir di tanggal 22 Mei ini, sehingga para tenant cukup waktu untuk memulai kembali usahanya. Para tenant atau retail mal butuh persiapan sepekan sebelum beroperasi.

Ellen mengatakan soal kapan waktu persis mal mulai beroperasi belum ada kepastian, pihaknya hanya sebatas siap-siap bila ada keputusan mulai dibuka. Kemenko Perekonomian dalam kajian awalnya sempat memasukkan rencana pusat perbelanjaan mulai operasi 8 Juni 2020.


"Kami masih menunggu keputusan gubernur DKI," katanya, Selasa (19/5).

Ellen mengatakan pengelola mal sudah siap dengan persiapan khususnya menerapkan berbagai SOP/Standard Operating Procedure untuk memulai kembali operasional mal antara lain:
  • Pada semua akses pintu masuk akan disediakan thermometer pengukur suhu tubuh.
  • Semua karyawan mal dan karyawan tenant serta pengunjung wajib memakai masker.
  • Semua karyawan mall dan tenant memakai bahan pelindung tubuh yang wajar sesuai dengan karakteristik jenis industrinya.
  • Disiapkan hand sanitizer di beberapa akses dan juga area yang menjadi area umum. ( beberapa mall yang area nya memungkinkan akan juga menambah washtafel/tempat cuci tangan di beberapa lokasi )
  • Mengatur jarak dan memberikan tanda agar konsumen mengikuti tata cara social distancing bilamana ada antrean baik di lift/travelator maupun di excalator dan di area lainnya .
  • Mengatur juga tempat duduk khususnya di area food court.
  • Para tenant F&B juga diminta melakukan re-arrange peletakan meja dan kursi sehingga ada jarak.
  • Para tenant lainnya juga diminta mengatur tata cara agar ada social distancing sesuai dengan kategori bisnis yang dijalankannya, misalnya untuk area kasir, (detail pelaksanaannya akan dilakukan di masing-masing tenant).
  • Pihak Pengelola mall juga masih akan terus melakukan disinfectant rutin terhadap area-area mall , misalnya area entrance, toilet , excalator, lift dan area lainnya.


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading